alexametrics

Mesti Tahu, Ini Pentingnya Tak Lewatkan Olahraga di Masa Pandemi

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Mesti Tahu, Ini Pentingnya Tak Lewatkan Olahraga di Masa Pandemi
Ilustrasi olahraga. (Shutterstock)

Berkurangnya aktivitas fisik di masa pandemi ini tidak hanya menyebabkan risiko fisik seperti penyakit tidak menular, tetapi juga risiko kesehatan mental.

Suara.com - Pada masa pandemi Covid-19, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gaya hidup sedentari mempunyai risiko dirawat di rumah sakit. Bukan hanya itu, ada juga risiko meninggal lebih besar apabila terpapar Covid-19, dibandingkan orang yang melakukan aktivitas fisik secara Baik Benar Terukur dan Teratur (BBTT). 

Penelitian ini menunjukkan adanya kaitan aktivitas fisik yang dilakukan secara BBTT dengan tingkat kebugaran yang pada akhirnya meningkatkan imunitas/kekebalan seseorang terhadap penyakit. 

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes juga mengatakan, bahwa berkurangnya aktivitas fisik di masa pandemi ini tidak hanya menyebabkan risiko fisik seperti penyakit tidak menular, tetapi juga risiko kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, gangguan tidur, stres, depresi, bahkan trauma. 

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

"Risiko ini menunjukkan bahwa sekalipun dalam situasi pandemi, perilaku hidup sehat aktif harus tetap dilakukan karena merupakan investasi kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh di setiap tahapan kehidupan," jelas dia dalam jumpa pers virtual 'Anlene Virtual Race', pads Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Atlet Bandung Barat Diguyur Bonus Miiaran di Hari Olahraga Nasional

Untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kata dia telah membuat instrumen aplikasi SIPGAR yang mudah digunakan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Hal ini, lanjut dr. Riskiyana sejalan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) yang diluncurkan sejak tahun 2017 untuk melawan gaya hidup sedentari. Di mana, kita disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari 3 sampai 5 kali per minggu. 

Untuk menggaungkan gerakan ini, Fonterra Brands Indonesia turut mengingatkan dan mendorong masyarakat untuk beraktivitas fisik meski rumah saja. Salah satunya adalah dengan mengikuti 'Anlene Virtual Race', yang merupakan kompetisi virtual Berlari, Berjalan dan Melompat di rumah selama 10 hari secara online.

Komentar