alexametrics

Kekurang Asupan Zat Besi, Coba Lakukan 4 Tips Ini Di Rumah

Bimo Aria Fundrika | Aflaha Rizal Bahtiar
Kekurang Asupan Zat Besi, Coba Lakukan 4 Tips Ini Di Rumah
Makanan mengandung tinggi zat besi. (Shutterstock)

Kekurangan zat besi juga disebut berpengaruh terhadap kesehatan mental, yang akhirnya muncul kecemasan, serangan panik, depresi, paranoia, dan menurunnya fungsi kognitif otak.

Suara.com - Mineral alami seperti zat besi memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan tulang, otot, jantung, hingga otak.

Dalam banyak kasus, bila kekurangan zat besi seorang bisa rentan mengalami masalah kesehatan. Seperti kehilangan massa tulang, kram otot, kekebalan tubuh berkurang, kelelahan, penyakit jantung, otak, hati, hingga paru-paru.

Melansir dari Healthshots, kekurangan zat besi juga disebut berpengaruh terhadap kesehatan mental, yang akhirnya muncul kecemasan, serangan panik, depresi, paranoia, dan menurunnya fungsi kognitif otak.

Fakta ini telah diungkap lewat studi yang terbit di Psychiatry and Clinical Neurosciences, yang menyorot kekurangan zat besi yang dikaitkan dengan tekanan psikologis yang tinggi.

Baca Juga: Cegah Anemia dengan 5 Makanan Penambah Zat Besi Ini

Agar terhindar dari kekurangan zat besi, berikut empat tips yang harus dilakukan. Apa saja?

Konsumsi makanan kaya zat besi

Daging ikan salmon (envato elements by sea_wave)
Daging ikan salmon (envato elements by sea_wave)

Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya zat besi. Seperti sayur-sayuran misalnya. Jika memungkinkan, Anda bisa coba untuk memasukkan makanan non-vegetarian, salah satunya ikan dan ayam.

Konsumsi makanan yang membantu menyerap zat besi

Anda bisa konsumsi makanan yang membantu menyerap zat besi. Salah satunya adalah vitamin C. ini bisa ditemukan lewat buah-buahan, seperti jeruk dan juga jeruk nipis.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Makanan Kaya Zat Besi untuk Menangkal Covid-19

Selain itu, mengonsumsi makanan vitamin C disebut dapat menyerap zat besi. Tak hanya itu, vitamin ini bisa menjadi rekomendasi dalam daftar diet Anda.

Konsumsi makanan kayak fermentasi

Makanan kaya fermentasi disebut dapat meningkatkan kemampuan makanan untuk membantu menyerap nutrisi, salah satunya zat besi. Tentunya, sumber makanan ini bisa dikonsumsi lewat kecambah alias toge.

Kurangi konsumsi teh dan kopi setelah makan

Walau teh dan kopi disebut memiliki nilai kesehatan yang baik, akan tetapi jika terlalu sering bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Maka dari itu, perlu hindari dua minuman tersebut setelah jam makan.

Komentar