alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Berita ITV Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19 Bikin Kulit Wajah Memerah?

M. Reza Sulaiman
Cek Fakta: Berita ITV Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19 Bikin Kulit Wajah Memerah?
Ilustrasi Vaksin Covid

Beredar di media sosial, tangkapan layar situs ITV yang memuat pengakuan seseorang yang mengalami efek samping vaksin Covid-19. Simak penelusuran cek fakta Suara.com berikut.

Suara.com - Beredar di media sosial, tangkapan layar berita situs ITV yang memuat pengakuan seseorang yang mengalami efek samping vaksin Covid-19.

Dalam tangkapan layar tersebut, tertulis pengakuan seseorang yang memiliki wajah merah seperti terbakar usai mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Berikut ini petikan tangkapan layar tersebut:

"Kalangan antivaksin memanggilku akarbit, tapi dokter menyebut ini hal yang lumrah dan wajah memerah merupakan bukti bahwa vaksin tengah bekerja. Wajahku akan kembali normal dalam waktu 3-5 tahun," tulis tangkapan layar yang mencatut media ITV dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Nicki Minaj Sebut Vaksin Covid-19 Sebabkan Kemandulan, Dokter: Tidak Masuk Akal!

Di bawah judul tersebut, terdapat pula komentar dari seorang netizen di Facebook, yang mengatakan wajah merah bukan bukti bahwa vaksin bekerja.

"Anda tidak akan menganggap normal jika tato Anda mengeluarkan darah, atau muntah usah makan di restoran. Mengapa wajah merah dianggap normal? Tidak, ini adalah efek samping vaksin yang disembunyikan!" tulis netizen tersebut.

Cek Fakta Efek Samping Vaksin Covid-19 bikin wajah memerah. (Dok. Kominfo)
Cek Fakta Efek Samping Vaksin Covid-19 bikin wajah memerah. (Dok. Kominfo)

Lalu, bagaimana kebenarannya? Penelusuran Suara.com, menyebut bahwa informasi ini pertama kali beredar di media sosial di pertengahan bulan Agustus 2021.

Diketahui, informasi menyebar di media sosial seperti Facebook dan Twitter, disertai dengan narasi menakutkan seputar efek samping vaksin Covid-19.

Nyatanya, informasi ini tidak benar. Sebab situs ITV yang terlihat di dalam gambar tersebut tidak pernah menerbitkan berita tentang efek samping vaksin Covid-19 yang membuat wajah memerah.

Baca Juga: Ahli Vaksin FDA: Amerika Serikat Tidak Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

"Tidak ada berita tersebut di situs kami, ini adalah gambar suntingan," tulis pernyataan ITV, dikutip dari Turnbackhoax.id.

Laman Kominfo.go.id pun memuat informasi serupa, yang mengatakan foto wajah memerah bukanlah efek samping vaksin Covid-19.

Foto tersebut adalah foto seorang sukarelawan yang dengan sengaja mengecat wajah menjadi merah dalam kegiatan penggalangan dana untuk warga lanjut usia di Inggris.

Foto ini diketahui pertama kali diunggah di ssitus artstogether.co.uk pada 26 Juli 2013.

Kesimpulan: Disinformasi / hoaks

Tidak ada laman berita yang memuat pengakuan efek samping vaksin Covid-19 yang bisa membuat wajah memerah hingga bertahun-tahun.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar