alexametrics

Catat! Eksim Pada Anak dan Orang Punya Gejala dan Ciri yang Berbeda Loh

M. Reza Sulaiman
Catat! Eksim Pada Anak dan Orang Punya Gejala dan Ciri yang Berbeda Loh
Ilustrasi eksim pada kulit. (Shutterstock)

Dokter mengatakan ada perbedaan eksim pada anak dengan orang dewasa, salah satunya ditandai lokasi timbulnya eksim.

Suara.com - Eksim atau sekelompok penyakit peradangan kulit yang ditandai kulit kemerahan, iritasi dan gatal, bisa menyerang semua kelompok usia termasuk anak-anak dan orang dewasa.

Meski begitu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Arini Astari Widodo mengatakan ada perbedaan eksim pada anak dengan orang dewasa, salah satunya ditandai lokasi timbulnya eksim.

"Pada anak-anak, umumnya eksim ditemukan pada daerah lipatan leher, ketiak, lipatan siku dan lutut. Pada dewasa, eksim ditemukan pada bagian atas tubuh seperti wajah, leher, dada, dan punggung," ujar dr. Arini dalam acara diskusi dengan awak media beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, perbedaan eksim pada anak dengan orang dewasa ada pada gejala yang ditimbulkan. Pada orang dewasa eksim kerap hadir dalam bentuk kulit kering, kulit mudah iritasi, eksim pada bagian tangan.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Biang Keringat dengan Eksim yang Dialami Anak

Eksim, penyakit kulit yang bisa membuat kulit bersisik dan kemerahan. (Shutterstock)
Eksim, penyakit kulit yang bisa membuat kulit bersisik dan kemerahan. (Shutterstock)

Bahkan eksim pada orang dewasa eksim bisa menyerang mata, dengan adanya katarak pada mata.

"Sedangkan pada anak-anak, gejala eksim dapat dikenali melalui lokasi munculnya gejala peradangan dan gatal pada kulit," ungkap dr. Arini.

Meski gejala dan tingkat keparahannya cenderung lebih berbahaya pada orang dewasa, tapi nyatanya kondisi kulit eksim lebih banyak menyerang anak-anak sekitar 25 persen.

Sedangkan pada orang dewasa hanya 2 hingga 3 persen dari populasi orang dewasa di atas 18 tahun.

Sementara itu, dari eksim bisa disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi gangguan sawar kulit dan faktor imunologi. Faktor eksternal meliputi suhu, keringat, allergen, iritan, dan mikroorganisme.

Baca Juga: Idap Penyakit Kulit Bawaan, Ini Deretan Perawatan Wajah yang Dilakukan Maia Estianty

"Pemicu kekambuhan eksim dapat disebabkan oleh perubahan cuaca, suhu yang ekstrim, kelembaban udara, pakaian yang ketat, aktivitas sehari-sehari, bahan iritan seperti sabun dan parfum, stress, dan infeksi," pungkas dr. Arini.

Komentar