alexametrics

Jaga Kesehatan Otak, Studi Sarankan untuk Terapkan Diet MIND

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Jaga Kesehatan Otak, Studi Sarankan untuk Terapkan Diet MIND
Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)

Apa itu diet MIND?

Suara.com - Penuaan berdampak pada seluruh fungsi tubuh, termasuk otak. Dalam hal ini, semakin bertambahnya usia otak akan mengembangkan gumpalan protein abnoemal yang jadi ciri khas penyakit alzheimer

Melansir dari Medical Express, para peneliti di Rush University Medical Center telah menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dapat mengambil manfaat dari diet khusus yang disebut diet MIND. Pola makan ini akan tetap bermanfaat bahkan ketika seseorang sudah mengembangkan simpanan protein yang dikenal sebagai plak dan kusut amiloid di otak. 

Plak dan kusut adalah patologi yang ditemukan di otak yang menumpuk di antara sel-sel saraf dan biasanya mengganggu kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.

Diet MIND adalah gabungan dari diet Mediterania dan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Studi penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa diet MIND dapat mengurangi risiko seseorang terkena demensia penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Kenali Penyakit Alzheimer yang Merusak Otak

Sekarang sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa peserta dalam penelitian yang mengikuti diet MIND di kemudian hari tidak memiliki masalah kognisi. Penelitian ini telah diterbitkan pada Journal of Alzheimer's Disease.

"Beberapa orang memiliki cukup plak dan kusut di otak mereka untuk memiliki diagnosis postmortem penyakit Alzheimer, tetapi mereka tidak mengembangkan demensia klinis dalam hidup mereka," kata Klodian Dhana, MD, Ph.D., penulis utama makalah dan asisten profesor di Divisi Geriatri dan Pengobatan Paliatif di Departemen Penyakit Dalam di Rush Medical College.

Ilustrasi makanan sehat dan bergizi. (Unsplash/K15 Photos)
Ilustrasi makanan sehat dan bergizi. (Unsplash/K15 Photos)


"Beberapa memiliki kemampuan untuk mempertahankan fungsi kognitif meskipun akumulasi patologi ini di otak dan penelitian kami menunjukkan bahwa diet MIND dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik secara independen dari patologi otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer," imbuhnya. 

Untuk mendapatkan manfaat dari diet MIND, Anda perlu makan setidaknya tiga porsi biji-bijian, sayuran berdaun hijau, dan satu sayuran lainnya setiap hari. Mereka juga bisa konsumsi segelas anggur, ngemil kacang-kacangan setiap hari atau lebih, makan unggas dan buah beri setidaknya dua kali seminggu dan ikan setidaknya sekali seminggu. 

Anda juga harus membatasi asupan makanan tidak sehat yang ditentukan, membatasi mentega hingga kurang dari satu setengah sendok teh sehari dan makan kurang dari satu porsi makanan manis dan kue kering dalam seminggu, keju utuh, dan makanan yang digoreng atau cepat saji.

Baca Juga: Sering Merasa Lelah? Coba Ambil Manfaat dengan Lari Pagi

Komentar