alexametrics

Berapa Kali Sih Sebaiknya Menyusui Bayi? Simak Panduan Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Berapa Kali Sih Sebaiknya Menyusui Bayi? Simak Panduan Berikut

Berikut panduan berapa kali baiknya Anda menyusui bayi.

Suara.com - Sebagai orangtua, Anda harus berhati-hati dalam menjaga jadwal makan untuk bayi Anda sesuai usia dan kebutuhannya. Perut bayi yang baru lahir pada awalnya sangat kecil sehingga hanya dapat menampung 1 hinga 1,5 sendok teh cairan dalam satu waktu. 

Namun melansir dari Times of India, perut tumbuh dan meregang seiring bertambahnya usia bayi. Karena bayi tumbuh sangat cepat, sulit untuk memahami berapa banyak makanan yang mereka butuhkan. 

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk menyusui bayi baru lahir minimal 8 hingga 12 kali sehari selama minggu pertama. Jangan biarkan bayi Anda tak menyusu selama lebih dari 4 jam sekaligus. 

Seiring pertumbuhan bayi, suplai ASI juga meningkat sehingga bayi dapat mengonsumsi lebih banyak susu dalam waktu yang lebih singkat di setiap menyusui. 

Baca Juga: 20 Nama Bayi Laki-Laki Islam Terkini: Putra Zachery Dilan atau Arandra Qiyas Lazuardy

Meskipun bayi yang berbeda memiliki pola makan yang berbeda. Untuk sebagian besar, pada anak-anak antara 1 hingga 3 bulan Anda memberi susu 7 hingga 9 kali per hari, anak-anak antara 3 hingga 6 bulan sebanyak 6 hingga 8 kali per hari dan setelah 6 bulan bayi menyusu sekitar 6 kali per hari. 

Ilustrasi menyusui. (Elements Envato)
Ilustrasi menyusui. (Elements Envato)


Pemberian ASI dapat dikurangi menjadi empat kali per hari saat anak mencapai usia 12 bulan karena sudah mulai pada tahap pengenalan makanan semi padat untuk  membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ekstra bayi.

Bayi yang diberi susu botol menyusu setiap 2 hingga 3 jam dalam sehari dan setelah dua bulan jeda waktu dapat meningkat menjadi 3 hingga 4 jam antara setiap kali menyusui. 

Antara usia  4 hingga 6 bulan, pemberian makan anak sekitar 4 hingga 5 jam setiap hari dan setelah 6 bulan, disarankan setiap 4 hingga 5 jam.

Baca Juga: 25 Nama Anak Laki-Laki Islam Masa Kini, Terdiri dari 3 Kata

Komentar