alexametrics

Jangan Panik, 6 Perubahan pada Payudara Berikut Umum Terjadi

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Jangan Panik, 6 Perubahan pada Payudara Berikut Umum Terjadi
Ilustrasi Payudara Kecil. (Shutterstock)

Berikut enam perubahan pada payudara yang sering dialami oleh perempuan.

Suara.com - Meskipun ukuran dan bentuknya relatif sama selama bertahun-tahun, jangan heran jika bentuk payudara mulai berubah saat Anda memasuki usia 20-an, 30-an, dan seterusnya. Sudah umum jika payudara terlihat berbeda saat Anda melewati berbagai tahap kehidupan. 

Melansir dari Bustle, penuaan, kehamilan, dan fluktuasi berat badan dapat memengaruhi bentuk dan struktur payudara. Lebih rinci lagi, berikut enam perubahan pada payudara yang umum terjadi, antara lain:

1. Terasa Kencang

Anda bisa mengalami pembengkakan dan nyeri payudara tepat sebelum menstruasi.

Baca Juga: Ahli Bantah Bra Berkawat Picu Kanker Payudara, Ini Penjelasannya

"Payudara Anda mungkin terasa kental dan bergelombang dan sering dipengaruhi oleh perubahan hormonal, kabar baiknya adalah bahwa ini sering hilang usai menstruasi," ujar dokter Jodie Horton, MD, OB/GYN dan kepala penasihat kesehatan Love Wellness.

2. Kanan Kiri Beda Ukuran

Jika ukuran payudara Anda selalu berbeda sejak pubertas, kemungkinan besar akan terus seperti itu seiring bertambahnya usia. Horton mengatakan payudara tidak mungkin memiliki ukuran yang sama besar. 

"Sekitar 90 persen payudara tidak rata dalam beberapa hal," kata anggota fakultas Universitas Utah Dr. Kirtly Jones. 

3. Lebih Besar saat Hamil

Baca Juga: Benarkah Bra Berkawat Picu Kanker Payudara? Simak Kata Ahli

Jika Anda pernah hamil, persiapkan diri Anda untuk banyak perubahan terkait payudara. Seperti yang dikatakan Horton, payudara menjadi lebih besar di awal kehamilan dan akan terus bertambah besar. 

4. Puting Lebih Gelap

Saat payudara Anda menjadi lebih besar selama kehamilan, area di sekitar puting Anda juga akan membesar. Mereka mungkin juga menjadi lebih gelap.

"Peningkatan estrogen dan progesteron menyebabkan perubahan pigmentasi pada puting dan areola," ujar dokter Sherry Ross, MD, seorang OB/GYN dan ahli kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Providence Saint John.

5. Payudara Lebih Sensitif Usai Minum Kopi

Jika Anda penggemar berat segala sesuatu yang berkaitan dengan kafein, mungkin akan tiba saatnya Anda mulai mengalami nyeri payudara sebagai efek sampingnya. 

"Kafein merangsang jaringan payudara membuat payudara lebih sensitif dan nyeri, terutama pada hari-hari menjelang menstruasi," kata Ross.

6. Usai Kehamilan Payudara Berubah

Setelah melahirkan, payudara Anda mungkin tidak kembali ke ukuran dan bentuk awalnya. 

"Mereka mungkin terkulai, memiliki stretch mark, dan tetap lebih besar dari sebelum kehamilan. Ini tergantung pada menyusui, penambahan berat badan, dan genetika," kata Ross. 

Komentar