alexametrics

Selain Perpanjang Usia, Ini 5 Manfaat Berhubungan Seks Seminggu Sekali!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Perpanjang Usia, Ini 5 Manfaat Berhubungan Seks Seminggu Sekali!
Lansia berhubungan seks. (Elements Envanto)

Berhubungan seks seminggu sekali tidak hanya memperpanjang usia, tetapi juga memberi beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Suara.com - Kehidupan seks yang sehat memberikan banyak manfaat kesehatan. Tapi, tak banyak yang tahu manfaat berhubungan seks seiring bertambahnya usia.

Sejauh ini, kebanyakan orang mengira cara menjaga kesehatan hanya fokus pada olahraga rutin dan diet sehat. Padahal, berhubungan seks juga memberikan kontribusi besar bagi kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Dr Jeff Foster, seorang dokter umum yang juga Spesialis kesehatan pria, mengatakan berhubungan seks sangat penting untuk kesejahteraan fisik dan mental.

Secara fisik, berhubungan seks membantu melepaskan endorphin dan menjaga kontrol vaskular, otot dan neurologis organ seksual Anda tetap utuh dan sehat.

Baca Juga: Studi: Penderita Delirium Berisiko Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Parah

Secara mental, berhubungan seks membantu pasangan mempertahankan ikatan emosional yang lebih dalam, bisa menghilangkan stres dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Lansia berhubungan seks. (Elements Envanto)
Lansia berhubungan seks. (Elements Envanto)

Penelitian mengklaim ada manfaat mengejutkan lainnya ketika seseorang berhubungan seks secara teratur seiring bertambahnya usia, termasuk membantu melawan pilek dan meningkatkan indera penciuman.

Berikut ini dilansir dari Express, beberapa manfaat berhubungan seks seiring bertambahnya usia.

1. Latihan fisik

Berhubungan seks bisa membantu membakar kalori tergantung pada seberapa energi dan seringnya Anda melakukannya. Tapi, Dr Jeff mengatakan berhubungan seks seminggu sekali tidak cukup untuk menjadi pengganti olahraga rutin.

Baca Juga: Ahli Ingatkan Varian Virus Corona R1 Punya 5 Mutasi Berbahaya!

2. Menghilangkan rasa sakit dan membantu tubuh rileks

Setelah berhubungan seks, otak Anda akan melepaskan hormon oksitosin yang terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh rileks.

Oksitosin adalah hormon yang dilepaskan dari bagian belakang kelenjar pituitari di otak. Hormon ini berperan dalam membantu ikatan sosial, karena dilepaskan tepat setelah berhubungan seks dan melahirkan.

Selain itu, hormon ini juga membantu tubuh lebih rileks dan memperkuat ikatan cinta Anda dengan pasangan setelah berhubungan seks.

3. Mengatur kadar hormon

Khusus untuk wanita yang perimenopause, berhubungan seks bisa meringankan beberapa gejala. Selain itu, masalah hormonal bisa menjadi alasan di balik hilangnya minat untuk berhubungan seks.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Berhubungan seks juga baik untuk kesehatan jantung pria. Jika pria mampu mempertahankan ereksinya, maka arteri di penisnya tidak menyempit karena timbunan kolesterol dan tidak mengeras karena tekanan darah tinggi.

Karena itu, disfungsi ereksi berkaitan dengan penyakit jantung. Jika Anda mengalami penyempitan kardiovaskular arteri penis, hal itu bisa menjadi pertana 3 tahun sebelum terjadinya serangan jantung.

5. Melawan flu dan pilek

Satu studi menemukan mereka yang berhubungan seks secara teratur memiliki jumlah antibodi imunoglobulin A yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang berhubungan seks kurang dari sekali seminggu. Imunoglobin A dianggap sebagai pertahanan yang kuat untuk melawan pilek dan flu.

Komentar