alexametrics

Lagi, WHO Buat Tim Cari Asal-usul Virus Corona

Risna Halidi | Lilis Varwati
Lagi, WHO Buat Tim Cari Asal-usul Virus Corona
ilustrasi WHO. (Hector Christiaen / Shutterstock.com)

Sebanyak 26 ilmuwan dari seluruh dunia dikumpulkan untuk mencari asal-usul virus corona penyebab pandemi Covid-19 saat ini.

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengumumkan akan ada 26 anggota komite penasihat yang akan melakukan studi penelitian asal-usul Covid-19 serta patogen lainnya yang potensial jadi epidemi.

Para ilmuan itu tergabung dalam The Scientific Advisory Group untuk Origins of Novel Patogen (SAGU) disebut sebagai upaya terbaru WHO untuk mengungkap awal dari virus Corona SARS Cov-2 yang saat ini menjadi pandemi dunia.

Maret lalu, WHO telah merilis laporan mengenai hasil pencarian asal usul virus corona dari tim peneliti. Menurut mereka, kemungkinan paling besar virus corona penyebab sakit Covid-19 berasal dari inang perantara yang diikuti oleh transmisi zoonosis.

Hal iti berbeda dro dugaan sebelumnya mengenai kebocoran di laboratorium yang disebut sangat tidak mungkin.

Baca Juga: Info Vaksin Surabaya 14 Oktober 2021 di 9 Puskesmas Pakai Sinovac dan AztraZeneca

Namun laporan tidak menyimpulkan dengan pasti tentang cara virus masuk ke populasi manusia. 

"Memahami dari mana patogen baru berasal sangat penting untuk mencegah wabah di masa depan dengan potensi epidemi dan pandemi, dan membutuhkan berbagai keahlian," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, dikutip dari Fox News.

Munculnya virus baru yang berpotensi memicu epidemi dan pandemi juga dianggap menjadi fakta alam. Meskipun SARS CoV-2 termasuk virus terbaru, menurut Tedros, jenis virus itu bukan yang terakhir akan muncul di bumi.

Dalam pemilihan anggota komite penasihat itu, WHO mengandalkan usulan dari kumpulan lebih dari 700 aplikasi. Kemudian dikurasi menjadi 26 anggota yang memiliki keahlian di bidang mulai dari epidemiologi, kesehatan hewan, ekologi, kedokteran klinis, virologi, juga genomik.

"Kami sangat senang dengan kualitas ahli yang dipilih untuk SAGO dari seluruh dunia, dan berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk membuat dunia lebih aman," kata Tedros.

Baca Juga: Solo Lakukan Langkah Antisipasi Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Dalam kapasitasnya sebagai badan penasihat untuk WHO, SAGO akan memberi saran kepada organisasi tersebut tentang pengembangan kerangka kerja global untuk mendefinisikan dan memandu studi tentang asal-usul patogen yang muncul dan berpotensi epidemi maupun pandemi.

Komentar