alexametrics

Ilmuwan Harvard Sebut Penuaan Adalah Penyakit dan Bisa Disembuhkan, Bagaimana Caranya?

M. Reza Sulaiman
Ilmuwan Harvard Sebut Penuaan Adalah Penyakit dan Bisa Disembuhkan, Bagaimana Caranya?
Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)

Selama ini, masalah kesehatan seperti penglihatan buram, mudah lelah, hingga nyeri sendi kerap diasosiasikan dengan penuaan yang terjadi secara alami.

Suara.com - Selama ini, masalah kesehatan seperti penglihatan buram, mudah lelah, hingga nyeri sendi kerap diasosiasikan dengan penuaan yang terjadi secara alami.

Namun menurut ahli genetika dari Universitas Harvard, David Sinclair, penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Bagaimana caranya?

Berdasarkan studinya selama lebih dari dua dekade, ia menemukan bahwa penundaan penuaan dapat dilakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana sehingga kita memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih sehat.

Melansir BBC Indonesia, Sinclair meyakini bahwa penundaan penuaan ini akan segera bisa dilakukan dengan obat-obatan, yang masih dalam tahap pengujian.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Trigeminal Neuralgia yang Bisa Mendorong Penderitanya Bunuh Diri

Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)
Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)

Ia pun mengatakan kita mungkin akan benar-benar dapat membalikkan proses penuaan.

Ilmuwan yang memiliki gelar doktor dari Universitas New South Wales di Australia dan pasca-doktoral dari Institut Teknologi Massachusetts AS ini, bertanggung jawab atas laboratorium di Universitas Harvard, AS, di mana ia menyelidiki mengapa kita menua.

Karyanya telah memberinya puluhan penghargaan ilmiah.

Karya tersebut juga membuatnya menjadi selebriti - ia telah terpilih sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time dan memiliki hampir 200.000 pengikut di Twitter.

Sinclair juga memiliki 35 paten dan telah mendirikan atau terlibat dalam beberapa perusahaan bioteknologi, beberapa di antaranya didedikasikan untuk memperlambat atau mencegah penuaan.

Baca Juga: Jangan Asal Makan, Buah Kering Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung!

Bank Merrill Lynch mengevaluasi pada tahun 2019 bahwa industri ini telah memiliki omset sebesar US$110 miliar, atau setara Rp 1,5 kuadriliun dan pada tahun 2025 nilainya akan melonjak lebih dari lima kali lipat hingga mencapai US$600 miliar, atau senilai Rp 8,5 kuadriliun.

Komentar