alexametrics

5 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Ampuh

Rifan Aditya
5 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Ampuh
Obat radang tenggorokan - Ilustrasi radang tenggorokan. (Shutterstock)

Berikut ulasan mengenai obat radang tenggorokan secara alami.

Suara.com - Radang tenggorokan sering kali membuat kamu tidak nyaman dan merasa terganggu terutama saat berbicara dan makan. Saat mengalami sakit ini, tenggorokan akan merasa nyeri, gatal, batuk hingga suara menjadi serak.

Penyakit radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Perlu diketahui radang tenggorokan biasanya terjadi dalam kurun waktu kurang dari dua minggu. Untuk mengobatinya, ada beberapa cara seperti mengonsumsi obat radang tenggorokan di Apotek sesuai resep dokter maupun pengobatan menggunakan obat tradisional yang alami.

Lantas apa saja obat radang tenggorokan alami yang ampuh dan mudah untuk mengobati radang tenggorokan? Simak daftarnya berikut ini.

1.     Madu

Baca Juga: Leher Bengkak dan Sakit Saat Menelan, Apakah Harus Berobat ke Dokter?

Ilustrasi madu. (Pixabay/ExplorerBob)
Ilustrasi madu. (Pixabay/ExplorerBob)

Madu menjadi salah satu obat alami untuk meredakan radang tenggorokan. Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan infeksi radang tenggorokan.

Kamu hanya perlu meminum air larutan madu setiap hari hingga radang tenggorokan sembuh. Dengan menggunakan madu, kamu juga dapat mengobati batuk yang sering kali menimpa kapan saja.

2.     Teh

Tidak berbeda dengan madu, teh juga dapat mengobati sakit radang tenggorokan. Kamu dapat meminum teh dengan campuran jahe maupun dicampur dengan madu sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

3.     Bawang putih

Baca Juga: 6 Obat Radang Tenggorokan dari Bahan-bahan Alami

Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)
Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)

Bawang putih memiliki antibakteri yang ampuh untuk melawan infeksi seperi flu dan peradangan. Untuk mengonsumsi bawang putih sebagai obat radang tenggorokan dapat dicampurkan dengan teh, dimakan langsung maupun dengan campuran masakan.

Komentar