alexametrics

Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Ketahui Kondisi yang Perlu Histerektomi

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Ketahui Kondisi yang Perlu Histerektomi
Melanie Subono [Suara.com/Rena Pangesti]

Selain histerektomi, Melanie Subono juga menjalani pengangkatan tumor.

Suara.com - Melanie Subono baru saja menjalani operasi pengangkatan rahim akibat tumor di tubuhnya pecah. Operasi ini dilakukan di RSCM pada Kamis (21/10/2021) dan berlangsung selama enam jam.

"Setelah masuk ruang Operasi jam 7.30. Melanie keluar pada jam 13.30. Dalam operasi ke-5 ini, diangkat semua yang harus dikeluarkan termasuk uterus dan ovarian sebesar 1.3 kg sepanjang 12 cm," tulis Melanie Subono dalam unggahan Instagram-nya.

Sang musisi sekaligus aktivis ini sempat dipasang oksigen karena saturasi turun. Namun kini kondisinya sudah stabil.

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi. Ada beberapa kondisi yang membuat seorang wanita harus menjalami prosedur ini.

Baca Juga: Rahim Diangkat, Penyakit Melanie Subono Mulai Tampak saat Haid Pertama

Unggahan Melanie Subono [Instagram]
Unggahan Melanie Subono [Instagram]

Berdasarkan Alodokter, berikut wanita yang memerlukan histerektomi:

1. Menorrhagia

Ini adalah kondisi ketika darah menstruasi keluar secara berlebihan. Gejala yang dialami berupa kram dan nyeri perut.

Meski tidak semua wanita yang mengalami ini harus menjalani histerektomi, ada beberapa kondisi yang ketika penanganan tidak berhasil menghentikan pendarahan sehingga harus dioperasi.

2. Endometriosis

Baca Juga: Aida Saskia Idap Kanker Stadium 3, Payudara dan Rahim Bakal Diangkat

Endometriosis merupakan kondisi ketika sel-sel lapisan dalam rahim ditemukan di luar rahim. Gejala yang paling sering adalah sakit luar biasa saat menstruasi.

3. Radang panggul

Radang panggul bisa disebabkan oleh infeksi sistem reproduksi oleh bakteri. Apabila masalahnya ringan, maka bisa diatasi dengan antibiotik. Sementara parah atau sudah menyebar, makan histerektomi adalah salah satu jalan keluarnya.

4. Miom

Miom atau fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuh di area rahim. Gejala yang paling sering dirasakan adalah rasa sakit luar biasa saat menstruasi.

5. Adenomiosis

Ini adalah kondisi ketika jaringan pada lapisan rahim dalam tumbuh di dinding otot rahim. Hal ini bisa membuat menstruasi terasa menyakitkan dan nyeri.

Melanie Subono mengabarkan tentang kondisi kesehatannya. Melanie akan menjalani operasi pengangkatan tumor Kamis (21/10/2021) pagi ini di RSCM, Jakarta. [Instagram]
Melanie Subono mengabarkan tentang kondisi kesehatannya. Melanie akan menjalani operasi pengangkatan tumor Kamis (21/10/2021) pagi ini di RSCM, Jakarta. [Instagram]

6. Rahim kendur

Kekenduran terjadi ketika jaringan dan ligamen yang menopang rahim menjadi lemah. Gejala bisa berupa nyeri punggung, urine bocor, sulit berhubungan seks, dan merasa ada sesuatu yang turun dari vagina.

7. Kanker

Segala macam kanker yang memengaruhi organ reproduksi wanita bisa menyebabkan penderitanya harus menjalani histerektomi. Jenis kanker tersebut adalah kanker serviks, ovarium, tuba falopi, dan kanker rahim itu sendiri.

Sementara itu, Melanie juga memiliki kelainan darah yang membuat darahnya mudah membeku hingga membentuk miom hingga tumor. Bahkan, ia sudah berulang kali menjalani operasi.

"Selama 25 taun terahir, selama ini hampir setiap hari secara bergiliran Melanie pendarahan kadang berbulan bulan, tapi memang yang menjadi fokus dia adalah Rumah Harapan dan kegiatan seni yang tidak berani dia tinggal, bahkan operasi pertama sudah dia jalani dari saat selesai sma," tulis Melanie.

Komentar