alexametrics

Toxic Relationship Bisa Picu Penyakit Jantung, Kenali Cirinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Toxic Relationship Bisa Picu Penyakit Jantung, Kenali Cirinya!
Ilustrasi Pacaran, Toxic Relationship (Unsplash)

Toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat bisa memicu penyakit jantung hingga stres.

Suara.com - Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan diri sendiri. Selain pola hidup, hubungan asmara yang sehat atau tidak sehat juga bisa berdampak pada kesehatan kita.

Saat kita menjalani hubungan romantis yang sehat, diri kita akan merasa didukung, dicintai, dihormati dan diperhatikan. Hubungan asmara yang sehat ini bisa berdampak sangat positif pada kesehatan fisik dan emosional seseorang.

Hubungan yang sangat kuat telah diketahui mampu memperkuat kekebalan, meningkatkan umur, dan memberikan kita ruang yang berharga dan aman untuk menjadi diri sendiri.

Sayangnya, masih banyak orang terjebak dalam hubungan tidak sehat yang biasa dikenal sebagai toxic relationship. Parahnya, seseorang seringkali tidak sadar dirinya sedang berada dalam toxic relationship.

Baca Juga: Bukti Baru bahwa Virus Corona Menyerang Otak: Kematian Sel & Penyumbatan Aliran Darah

Padahal toxic relationship ini cukup berbahaya, karena efek sampingnya pada fisik dan emosional seseorang tanpa disadari. Sebagian besar hubungan tidak sehat ini biasanya dimulai dari gairah dan kegembiraan.

Ilustrasi Pacaran. [pexels.com]
Ilustrasi Pacaran, Toxic Relationship. [pexels.com]

Saat seseorang sudah berada dalam toxic relationship, seseorang terus berusaha untuk kembali ke hari-hari sebelum hubungan itu tidak sehat. Seseorang seolah-olah menjadi kecanduan untuk terus menciptakan suasana pertama kali menjalin hubungan dengan mengorbankan kesejahteraan diri sendiri.

Sedangkan dilansir dari Poosh, toxic relation ship bisa menyebabkan sejumlah efek samping kesehatan, seperti gangguan tidur, gizi buruk, masalah pencernaan, ketegangan otot, kelelahan terus-menerus, dan masalah kekebalan.

Beberapa efek hubungan toxic dengan kesehatan emosional termasuk kecemasan, perasaan tidak layak, tidak didengar atau tidak terlihat, hidup dalam ketakutan, kelelahan emosional, harga diri yang rendah, ketergantungan dan depresi.

Menurut University of Southern California, toxic relationship juga membuat seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit jantung. Karena, hubungan yang tidak sehat dan tidak bahagia ini membuat orang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, obesitas dan proses penyembuhan luka yang lambat.

Baca Juga: Virus Corona Ngamuk, Peneliti Inggris Teliti Sub-Varian Delta

Karena itulah hubungan asmara cukup memainkan peran penting dalam kesejahteraan kita secara keseluruhan. Sehingga, memahami dan mengenai hubungan sudah tidak sehat itu sangat penting.

Berikut ini, ada beberapa tanda yang mengindikasikan Anda berada dalam toxic relationship:

  1. Anda melihat perubahan signifikan pada pola perilaku Anda
  2. Anda mengalami ketakutan ketika mengungkapkan perasaan
  3. Anda merasa tidak mungkin untuk mempertahankan batasan yang sehat dalam hubungan
  4. Anda merasa tidak aman untuk menjadi diri sendiri dalam menjalin hubungan
  5. Anda merasa terjebak dalam siklus negatif yang berulang
  6. Anda berbohong kepada teman dan keluarga mengenai hubungan Anda

Komentar