Waspada! Konsumsi Dua Vitamin Ini Justru Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Bimo Aria Fundrika

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:50 WIB
Waspada! Konsumsi Dua Vitamin Ini Justru Bisa Tingkatkan Risiko Kanker
vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini

Suara.com - Selama ini vitamin diketahui punya banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Namun, mengonsumsi vitamin tidak selalu membawa manfaat. Bahkan, itu dapat menimbulkan risiko besar bagi orang-orang tertentu.

Demikian kesimpulan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Dua suplemen terbukti meningkatkan risiko kanker: B12 dan asam folat.

Asam folat adalah versi buatan dari vitamin folat (juga dikenal sebagai vitamin B9). Seperti B12, asam folat membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat.

Namun, pasien jantung di Norwegia yang mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin B12 ditemukan memiliki sedikit peningkatan risiko kanker dan kematian dari semua penyebab, dibandingkan dengan pasien jantung yang tidak mengonsumsi suplemen.

Ilustrasi suplemen minyak ikan. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen minyak ikan. (Shutterstock)

Peneliti studi Marta Ebbing, MD, dari Rumah Sakit Universitas Haukeland Norwegia dan rekan menganalisis data dari dua penelitian yang mencakup hampir 7.000 pasien jantung yang diobati dengan suplemen vitamin B atau plasebo selama rata-rata tiga setengah tahun antara tahun 1998 dan 2005.

Mereka awalnya berangkat untuk menentukan apakah mengonsumsi suplemen vitamin B meningkatkan hasil kardiovaskular.

Para pasien diikuti selama rata-rata tiga tahun setelah suplementasi berakhir, selama waktu itu 341 pasien yang mengonsumsi asam folat dan B12 (10 persen) dan 288 pasien yang tidak (8,4 persen) didiagnosis menderita kanker.

Suplementasi asam folat dan B12 dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker sebesar 21 persen, peningkatan risiko kematian akibat penyakit sebesar 38 persen, dan peningkatan kematian akibat semua penyebab sebesar 18 persen.

Peningkatan insiden kanker paru-paru di antara pasien yang diobati dengan asam folat dan B12 terutama menyumbang temuan ini.

baca juga

Tujuh puluh lima (32 persen) dari 236 kematian terkait kanker di antara peserta penelitian disebabkan oleh kanker paru-paru, dan insiden kanker di antara kelompok studi adalah 25 persen lebih tinggi daripada populasi Norwegia secara keseluruhan.

Sekitar 70 persen dari semua pasien dalam penelitian ini adalah perokok atau mantan perokok, termasuk lebih dari 90 persen dari mereka yang mengembangkan kanker paru-paru.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan sebagai tanggapan terhadap penelitian pada saat publikasi, juru bicara asosiasi perdagangan industri suplemen Council for Responsible Nutrition (CRN) mencatat bahwa temuan kanker paru-paru belum terlihat dalam penelitian lain. Asam folat juga dapat mempengaruhi cara kerja obat lain

"Judul sebenarnya dari penelitian ini adalah bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru - penelitian ini menemukan bahwa total 94 persen dari subjek yang mengembangkan kanker paru-paru adalah perokok atau mantan perokok," Wakil Presiden CRN untuk Urusan Ilmiah dan Pengaturan Andrew Shao, PhD, mengatakan dalam rilis berita.

Menurut NHS, asam folat juga dapat mempengaruhi cara kerja obat lain.

"Jangan mengonsumsi asam folat dalam waktu dua jam sebelum atau setelah mengonsumsi obat gangguan pencernaan (antasida yang mengandung aluminium atau magnesium), karena dapat menghentikan penyerapan asam folat dengan benar," peringatan tubuh kesehatan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Wajib Tahu, Begini Risikonya Jika Konsumsi Vitamin C Tidak Sesuai Takaran

Wajib Tahu, Begini Risikonya Jika Konsumsi Vitamin C Tidak Sesuai Takaran

Health | Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:50 WIB

Pernah Panik Saat Wanda Hamidah Tahu Ada Sesuatu di Payudaranya

Pernah Panik Saat Wanda Hamidah Tahu Ada Sesuatu di Payudaranya

Jatim | Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:01 WIB

Dokter Ungkap Beda Kondisi Kanker Payudara Stadium 0 Sampai 4 Serta Metode Pengobatannya

Dokter Ungkap Beda Kondisi Kanker Payudara Stadium 0 Sampai 4 Serta Metode Pengobatannya

Health | Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Terkini

UMKM Nelayan Makin Cuan Berkat Diversifikasi Hasil Laut, Pendapatan Tembus Rp68,45 Juta

UMKM Nelayan Makin Cuan Berkat Diversifikasi Hasil Laut, Pendapatan Tembus Rp68,45 Juta

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 09:00 WIB

Dukung UMKM, ShopeePay dan SPayLater Gelar Kompetisi Desain Batik "Corak Cerita Nusantara"

Dukung UMKM, ShopeePay dan SPayLater Gelar Kompetisi Desain Batik "Corak Cerita Nusantara"

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 09:00 WIB

Niat Minta Minum, Suami di Bandar Lampung Malah Pulang Bersimbah Darah

Niat Minta Minum, Suami di Bandar Lampung Malah Pulang Bersimbah Darah

Lampung | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:51 WIB

Novel Tanjung Luka, Pencarian Kebenaran di Tengah Prasangka Masyarakat

Novel Tanjung Luka, Pencarian Kebenaran di Tengah Prasangka Masyarakat

Your Say | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:50 WIB

Cemburu Buta Suami di Banyuwangi Berujung Tragedi Minggu Pagi

Cemburu Buta Suami di Banyuwangi Berujung Tragedi Minggu Pagi

Jatim | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:44 WIB

Achilles Bidik Kebutuhan Bisnis dari Transaksi hingga Pendanaan

Achilles Bidik Kebutuhan Bisnis dari Transaksi hingga Pendanaan

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:43 WIB

1.300 Penerbangan Dibatalkan karena Topan Dolphin di Shanghai

1.300 Penerbangan Dibatalkan karena Topan Dolphin di Shanghai

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:43 WIB

Mitos macOS Lebih Aman Runtuh: Riset Kaspersky Ungkap Pengguna Mac Lebih Rentan Terkena Malware

Mitos macOS Lebih Aman Runtuh: Riset Kaspersky Ungkap Pengguna Mac Lebih Rentan Terkena Malware

Tekno | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:35 WIB

Cushion Glad2Glow Pink dan Silver, Apa Bedanya? Ini Kelebihan Masing-Masing

Cushion Glad2Glow Pink dan Silver, Apa Bedanya? Ini Kelebihan Masing-Masing

Lifestyle | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:35 WIB

Eks Menhan Mark Esper: Tawaran Damai Iran Konyol, Merasa Lagi di Atas Angin

Eks Menhan Mark Esper: Tawaran Damai Iran Konyol, Merasa Lagi di Atas Angin

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 08:28 WIB

×