alexametrics

Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!
Ilustrasi Makanan Sehat.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mental.

Suara.com - Konsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga otak dan kesehatan mental. Karena, kesehatan pikiran dan tubuh saling berhubungan.

Karena itu, stres bisa mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi Anda. Jika Anda sering merasa moody atau gugup, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat tertentu sehari-hari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

1. Kedelai

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron Mengancam, Kenapa Virus Corona Bisa Terus Bermutasi?

Kedelai mengandung asam amino yang sangat penting untuk otot dan tulang tubuh Anda, sehingga bisa membantu mengatasi gangguan tidur dan insomnia. Makan kedelai juga bisa mengurangi risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti Alzheimer.

Makan kedelai juga baik untuk kesehatan tubuh wanita yang sudah menopause. Karena, banyak wanita selama menopause mengalami perubahan suasana hati, kurang konsentrasi, dan kelelahan.

kedelai, kacang kedelai. (Elements/Envato)
kedelai, kacang kedelai. (Elements/Envato)

Menopause secara progresif menghentikan produksi estrogen, tetapi kedelai bisa membantu mengatasi masalah ini. Apalagi, kedelai juga mengandung sesuatu yang disebut isoflavone, yakni bahan kimia nabati yang bisa menggantikan estrogen.

Kandungan ini juga bisa ditemukan dalam tahu, susu kedelai, yogurt kedelai dan tepung kedelai. Di sisi lain, kedelai juga bisa membantu meningkatkan kesehatan otak.

2. Salmon

Baca Juga: Heboh Varian Omicron: Mengapa Virus Corona Terus Bermutasi?

Salmon adalah makanan dengan kandungan omega-3 yang sangat baik untuk otak dan membantu meningkatkan fungsi sel. Sehingga, mengonsumsi salmon bisa menurunkan risiko kesedihan, depresi, masalah memori dan demensia pada orang tua.

Karena tubuh Anda tidak bisa menghasilkan omega-3, mengonsumsi salmon adalah pilihan terbaik. Jenis ikan berlemak ini menyeimbangkan hormon, mengontrol nafsu makan, dan meningkatkan serotonin.

3. Bawang putih mentah

Ada banyak manfaat bawang putih mentah pada kesehatan otak, termasuk peningkatan memori yang penting bagi orang tua. Anda bisa makan bawang putih mentah sendiri atau mencampurkannya ke dalam salad, tergantung selera Anda. Karena, bawang mengandung alicin yang merupakan senyawa untuk membantu mencegah penuaan, penyakit dan meningkatkan kadar serotonin.

4. Cokelat pahit

Cokelat pahit sedikit berbeda dari cokelat manis biasa. Perbedaannya, cokelat pahit mengandung kakao yang sangat tinggi, yakni 50-90 persen. Saat Anda mengonsumsi cokelat ini, camilan ini bisa membantu melepaskan endorphin, yang merupakan zat kimia untuk membantu mengelola stres dan meningkatkan perasaan bahagia.

Kakao juga meningkatkan aliran darah ke otak Anda, yang bisa memperbaiki fungsi mental dengan membantu fungsi otak lebih seimbang.

5. Kenari

Banyak kacang-kacangan, seperti biji rami, biji labu, dan biji chia yang bagus untuk kesehatan otak. Tapi, kenari adalah sumber protein dan lemak sehat yang membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengatur arteri yang lebih bersih.

Kenari memiliki omega-3 yang baik untuk meningkatkan suasana hati sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Konsumsi kenari setiap hari bisa membuat tubuh lebih berenergi dan fokus.

Komentar