facebook

Peneliti FKUI Temukan Manfaat Biji Kedelai untuk Cegah Kanker Payudara

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Peneliti FKUI Temukan Manfaat Biji Kedelai untuk Cegah Kanker Payudara
Kacang Kedelai (pixabay)

Satu lagi manfaat biji kedelai untuk kesehatan ditemukan oleh ilmuwan. Apa itu?

Suara.com - Satu lagi manfaat biji kedelai untuk kesehatan ditemukan oleh ilmuwan. Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menemukan bahwa biji kedelai memiliki potensi manfaat untuk mencegah kanker payudara.

Hal ini sebagaimana hasil penelitian disertasi apt. Numlil Khaira Rusdi, S. Farm yang menemukan potensi biji kedelai mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara.

"Meningkatnya konsumsi produk kedelai menurunkan risiko kanker payudara," ujar Numlil dalam sidang uji promosi doktor Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Rabu (5/1/2022).

Numlil menjelaskan dalam hasil riset dan penelitian yang dilakukan pada tikus yang dimodifikasi kanker, lalu diberi ekstrak biji kedelai yang punya sifat fitoestrogen, punya khasiat selaiknya hormon.

Baca Juga: Gen pada Indera Penciuman Ternyata Bisa Mendorong Metastasis Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara. (shutterstock)
Ilustrasi kanker payudara. (shutterstock)

Sehingga biji kedelai yang mengandung fitoestrogen, mampu melawan dan menekan perkembangan sel tumor dan kanker, khususnya kanker payudara.

"Hasil meta analisis menunjukan konsumsi tinggi produk kedelai, yang mengandung fitoestrogen dapat menurunkan risiko kanker payudara terkait estrogen reseptor (ER)," terang Numlil.

Perlu diketahui sebagian besar penderita kanker payudara memiliki sel kanker reseptor estrogen positif, yang disebut sebagai ER positif.

Sehingga dalam penelitian tersebut, jika ER mampu ditekan perkembangannya dengan konsumsi ekstrak biji kedelai yang bekerja selaiknya terapi hormon pada pasien kanker payudara, maka konsumsi biji kedelai bisa mencegah dan menekan pertumbuhan kanker.

Ini jugalah yang menurut Numlil, di berbagai penelitian menyebutkan perempuan Asia lebih rendah alami kanker payudara dibanding perempuan Eropa, karena banyak konsumsi produk kedelai.

Baca Juga: Profil Nindy Ellesse, Penyanyi dan Bintang Sinetron yang Meninggal Dunia

"Meningkatnya konsumsi produk kedelai menurunkan risiko kanker payudara. Efek proteksi ini juga disebabkan kebiasaan wanita Asia mengonsumsi produk kedelai sejak dini dan terus menerus," tutup Numlil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar