facebook

Virus Corona Covid-19 Bisa Pengaruhi Otak, Berikut 7 Dampaknya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Virus Corona Covid-19 Bisa Pengaruhi Otak, Berikut 7 Dampaknya!
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Virus corona Covid-19 bisa mempengaruhi otak dengan memicu beberapa masalah kesehatan.

Suara.com - Sejauh ini, virus corona Covid-19 dikenal sebagai penyakit pernapasan yang menyerang paru-paru. Tak banyak yang tahu efek virus corona Covid-19 ini pada otak.

Padahal, virus corona Covid-19 ini juga bisa memicu gejala neurologi yang pastinya berhubungan dengan otak. Bahkan, gejala neurologi ini cenderung bertahan lebih lama dibandingkan gejala fisik lainnya.

Pada awal pandemi virus corona Covid-19 lalu, para ahli medis telah mendapatkan banyak laporan pasien mengeluhkan sakit kepala, delirium, kabut otak, kehilangan indra penciuman dan perasa.

Pada kasus yang lebih parah, virus corona Covid-19 ini bisa menyebabkan stroke dan penyumbatan pembuluh darah di otak yang perlu penanganan medis.

Baca Juga: Kenali 5 Efek Samping Virus Corona Covid-19, Salah Satunya Penis Mengecil!

Profesor James Goodwin pun mengatakan 1 dari 5 pasien virus corona Covid-19 menderita penyakit pembuluh darah otak.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Menurutnya, hal itu terjadi akibat infeksi virus corona membuat sistem kekebalan menjadi overdrive. Pada beberapa orang yang memiliki viral load tinggi, kondisi ini bisa menyebabakn respons yang tak terkendali.

Responsnya berupa pelepasan sejumlah besar molekul inflamasi yang dikenal sebagai badai sitokin ke area yang terinfeksi virus.

Kondisi ini biasanya mempengaruhi paru-paru, bisa memicu sindrom gangguan pernapasan akut dan terkadang kematian.

Tapi, bukan hanya paru-paru yang terkena dampak tersebut. Organ tubuh lain, seperti jantung, hati dan ginjal bisa rusak karena kekurangan oksigen, peradangan dan pembekuan darah.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Sebabkan Insomnia, Ahli Sarankan Lakukan Ini!

Bahkan dilansir dari The Sun, otak juga bisa terkena dampaknya dalam upaya melindungi tubuh dengan melawan virus corona Covid-19.

Prof Goodwin mengatakan kini para ahli medis memahami bahwa virus corona Covid-19 ini bisa masuk ke otak melalui pembuluh darah tertutup rapat yang mengelilingi organ.

Lonjakan virus menangkap reseptor, bereplikasi di dalamnya dan kemudian pindah ke otak. Pada tubuh yang berada dalam fase panik, respons peradangan mencoba mengalahkan virus dengan memecah pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan yang juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Adapun 7 pengaruh virus corona Covid-19 pada otak, antara lain:

  1. Sakit kepala
  2. Kabut otak
  3. Mengigau
  4. Stroke
  5. Pembekuan darah
  6. Kehilangan indra penciuman dan rasa
  7. Halusinasi

Setelah sembuh dari virus corona, beberapa orang pun bisa mengalami gangguan neurologis, perilaku atau psikiatri yang serius karena efeknya pada otak.

Kondisi ini biasa mencakup halusinasi dan mendengar suara yang tidak ada, karena otak mengonfigurasi ulang dirinya setelah terinfeksi virus corona.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar