facebook

Update Covid-19 Global: Beijing Laporkan Transmisi Lokal Pertama Varian Omicron

Vania Rossa | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Beijing Laporkan Transmisi Lokal Pertama Varian Omicron
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Penularan varian omicron tidak hanya terjadi secara impor dari pelaku perjalanan luar negeri, tetapi kini semakin banyak transmisi lokal yang terjadi.

Suara.com - Update Covid-19 global per Senin (17/1) menunjukkan penambahan kasus positif sebanyak 1.938.462 kasus dalam 24 jam terakhir. Di waktu yang sama, angka kematian bertambah 3.992 jiwa.

Total kasus Covid-19 di seluruh dunia hingga saat ini telah mencapai 328,67 juta dengan kematian lebih dari 5,55 juta.

Terdapat tujuh negara dengan jumlah kasus Covid-19 lebih dari 10 juta. Di antaranya Amerika Serikat (66,99 juta), India (37,37 juta), Brasil (23 juta), Inggris (15,21 juta), Perancis (14,17 juta), dan Rusia (10,8 juta), dan Turki (10,45 juta).

Sementara itu, Amerika Serikat dan Brasil mendominasi jumlah angka kematian akibat infeksi Covid-19 dengan jumlahnya di atas 500 ribu jiwa.

Baca Juga: Indonesia Hentikan Sementara Pemberangkatan Jamaah Umrah

Transmisi Lokal Pertama Varian Omicron di Beijing

Penyebaran varian omicron masih jadi ancaman di banyak negara yang menyebabkan lonjakan kasus positif. Penularan tidak hanya terjadi secara impor dari pelaku perjalanan luar negeri, karena beberapa negara juga telah menemukan transmisi lokal dari varian tersebut.

Termasuk Ibu kota China, Beijing, yang telah melaporkan infeksi lokal pertama dari varian virus corona omicron pada Sabtu (15/1). Temuan itu hanya beberapa minggu sebelum penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin.

Kasus ditemukan di distrik Haidian, area kantor pusat perusahaan teknologi, Pang Xinghuo. Pengujian laboratorium menemukan adanya mutasi khusus terkait varian omicron pada warga di tempat tersebut.

Pejabat langsung mengisolasi area perumahan dan tempat kerja orang yang terinfeksi. Mereka juga mengumpulkan 2.430 sampel untuk diuji dari orang-orang yang terkait dengan dua lokasi, kata pejabat distrik Haidian.

Baca Juga: Kasus Varian Omicron di Indonesia Terus Bertambah, Ini Strategi Pemerintah Selesaikan Pandemi

Pemerintah daerah lain telah menyarankan untuk tidak meninggalkan kota jika tidak perlu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar