facebook

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa Membantu Mencegah Diabetes Juga Lho

Yasinta Rahmawati
Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa Membantu Mencegah Diabetes Juga Lho
Ilustrasi gambar (pixabay)

Daun sirih merupakan aset kuno pengobatan India (Ayurveda), dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM. Berikut ini manfaat daun sirih.

Suara.com - Daun sirih juga disebut sebagai 'Emas Hijau.' Ini adalah aset kuno pengobatan India (Ayurveda), dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM. Berikut ini manfaat daun sirih akan diulas dalam artikel.

Diketahui, piper betle atau daun sirih termasuk dalam famili Piperaceae (keluarga lada Hitam). Setidaknya, terdapat sekitar 100 varian sirih yang tersebar di berbagai belahan dunia. Menurut pengobatan tradisional, daun sirih dapat membantu dalam pengobatan sakit kepala, gatal-gatal, mastitis, sayatan, lecet, sembelit, dan luka.

Untuk lebih jelas, yuk simak berikut ini manfaat dari sirih untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membantu Mencegah Diabetes

Baca Juga: Cara Lezat dan Mudah Mengonsumsi Bubuk Kolagen, Salah Satunya Dicampur Kopi

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Kandungan molekul aktif atau tanin yang ada di dalam daun sirih berguna sebagai antidiabetes. Kandungan Alkaloid sirih juga berguna menurunkan kadar glukosa dalam darah dengan cara menghambat proses penyerapan glukosa di dalam usus.

Selain itu, daun sirih juga memiliki berbagai polifenol yang berpotensi sebagai antioksidan. Molekul-molekul tersebut membantu melindungi pankreas dariradikal bebas.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Seperti halnya tato, penghitaman gigi juga menjadi kegemaran di Asia Tenggara. Hal itu dilakukan menggunakan mineral dan ekstrak tumbuhan dan mineral, salah satunya daun sirih. Prosedur ini diyakini untuk kesehatan untuk gigi. Selain itu, berguna juga untuk mencegah infeksi mulut serta menimalisir prosedur gigi menyakitkan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Baca Juga: Kandungan Antioksidan pada Cokelat Dapat Menyehatkan Jantung dan Memulihkan Otot

Adanya stres oksidatif (radikal bebas dalam tubuh) yang tinggi, dapat menunda penyembuhan luka. Tertundanya proses penyembuhan luka salah satu komplikasi kronis yang muncul pada penderita diabetes tipe 1. Ekstrak herbal daun sirih mungkin efektif dalam mengobati kasus sensitif tersebut.

Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini berguna untuk meningkatkan aktivitas enzim dalam membersihkan radikal bebas dalam tubuh Anda, seperti superoksida dismutase dan katalase.

4. Dapat Mengurangi Batuk

Menurut pengobatan tradisional, daun sirih dapat meredakan batuk. Caranya, rendam daun sirih ke dalam minyak mustard, lalu hangatkan, kemudian oleskan ke bagian dada guna meredakan penyumbatan di dalam paru-paru.

5. Membantu Memerangi Kanker

Daun sirih menunjukkan sifat antioksidan, antimutagenik, dan antikanker. Fitokimia sirih bertanggung jawab atas sifat-sifat ini. Ini berarti dauh sirih membantu dalan memerangi kanker. Dengan catatan, mengonsumsinya jangan berlebihan. 

Demikian informasi mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui. Selain manfaat di atas, daun sirih juga berguna untuk membersihkan area wanita dan menjernihkan mata.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar