Peneliti Temukan Rutin Makan Stroberi Bisa Turunkan Risiko Demensia

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Sabtu, 09 April 2022 | 14:57 WIB
Peneliti Temukan Rutin Makan Stroberi Bisa Turunkan Risiko Demensia
Ilustrasi Stroberi. (freepik)

Suara.com - Demesia dalah gejala destruktif yang terkait dengan penurunan otak, seperti kehilangan memori. Jenis demensia yang paling umum adalah Alzheimer, yang diduga disebabkan oleh protein tidak normal, seperti beta-amiloid.

Sebuah penelitian pun berusaha menemukan cara untuk mengurangi akumulasi tumpukan beta-amiloid di otak guna mencegah demensia.

Penelitian baru yang berfokus pada komponen bioaktif dari stroberi menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi agregasi beta-amiloid di otak yang memicu demensia.

Tapi, varietas stroberi Romina paling menonjol karena daya adaptasinya yang tinggi terhadap tanah yang tidak difumigasi dan budidaya lapangan terbuka dalam kondisi iklim dari Adriatik hingga Eropa tengah-utara.

Stroberi jenis ini juga terkenal ketahanannya terhadap penyakit dan kualitas nutrisinya.

Studi ini memverifikasi kekayaan ekstrak stroberi yang digunakan dalam penelitian, terutama kandungannya dalam senyawa fenolik.

Terlepas dari manfaat kesehatannya dilansir dari Express, penelitian ini menunjukkan hubungan antara stroberi dan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Ilustrasi  demensia alzheimer (freepik)
Ilustrasi demensia alzheimer (freepik)

Penelitian ini bukan studi pertama yang menunjukkan manfaat stroberi untuk meningkatkan otak.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dapat mengurangi risiko demensia Alzheimer dengan meningkatkan asupan stroberi.

baca juga

Orang dewasa yang lebih tua dapat mengurangi risiko demensia Alzheimer dengan meningkatkan asupan stroberi, seperti yang ditentukan oleh para peneliti di Rush University.

Puja Agarwal dan menganalisis data yang dikumpulkan untuk Rush Memory and Aging Project (MAP) antara 2004 dan 2018.

Setelah meninjau data lengkap dari 925 peserta kuesioner frekuensi makanan tahunan (FFQs) dan evaluasi neurologis yang ekstensif, mereka menemukan hubungan antara konsumsi stroberi yang sering dan penurunan demensia Alzheimer.

Peserta berusia 58-98 tahun dan bebas demensia pada awal penelitian. Peneliti juga memiliki daftar pertanyaan khusus yang membantu memperkirakan frekuensi setiap peserta mengonsumsi stroberi.

Misalnya, peserta makan stroberi tidak pernah atau kurang dari sebulan sekali, satu sampai tiga kali sebulan, sekali seminggu atau dua sampai empat kali seminggu.

Selain itu, peserta juga dimintal menjalani tes kognitif dengan komputer, penilaian oleh ahli saraf dan klasifikasi diagnostik oleh dokter.

Asupan stroberi yang beragam, dari tidak sama sekali hingga 2 porsi seminggu. Tim peneliti menemukan peningkatan satu porsi dalam konsumsi stroberi, ada 24 persen penurunan risiko demensia Alzheimer yang terkait.

Hasil ini juga dikendalikan dari usia, jenis kelamin, pendidikan, aktivitas fisik dan kognitif, asupan buah-buahan, total kalori dan makanan lain yang mendukung kognisi.

Secara keseluruhan, peserta yang mengonsumsi satu atau lebih porsi stroberi per minggu memiliki risiko 34 persen lebih rendah terkena demensia Alzheimer. Berbeda dengan mereka tidak mengonsumsi stroberi atau kurang dari sekali per bulan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Walau Sudah Dicuci dan Dikupas, Stroberi dan Bayam Masih Mengandung Pestisida

Walau Sudah Dicuci dan Dikupas, Stroberi dan Bayam Masih Mengandung Pestisida

Health | Kamis, 07 April 2022 | 18:40 WIB

Mengandung Antioksidan, Konsumsi Tinggi Minyak Zaitun Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Mengandung Antioksidan, Konsumsi Tinggi Minyak Zaitun Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Health | Kamis, 31 Maret 2022 | 20:38 WIB

Durasi Tidur Siang yang Lama pada Lansia Bisa Menjadi Tanda Awal Demensia

Durasi Tidur Siang yang Lama pada Lansia Bisa Menjadi Tanda Awal Demensia

Health | Kamis, 31 Maret 2022 | 16:07 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×