facebook

7 Gejala Sakit Ginjal Paling Terlihat, Salah Satunya Gatal pada Kulit

Yasinta Rahmawati
7 Gejala Sakit Ginjal Paling Terlihat, Salah Satunya Gatal pada Kulit
Ilustrasi salah satu gejala sakit ginjal. (Foto oleh Kristina Nor dari Pexels)

Gejala sakit ginjal bisa dilihat dari beberapa hal secara jelas. Lebih rinci, Anda bisa simak di artikel ini!

Suara.com - Ginjal merupakan organ tubuh yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi setiap organ lainnya. Ketika ginjal terserang penyakit, maka tandanya akan muncul dengan banyak gejala. Mengenali gejala sakit ginjal sebenarnya tak sulit, karena Anda bisa temukan keterangannya di artikel ini.

Fungsi ginjal adalah menyaring limbah tubuh, memastikan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh pada titik seimbang. Ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan hormon pembentuk sel darah merah, sehingga perannya terbilang sangat krusial. Beberapa gejala sakit ginjal yang paling umum muncul, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Suhu Tubuh Meningkat

Ketika ginjal terserang penyakit, respon tubuh paling umum adalah respon infeksi. Artinya, suhu tubuh akan meningkat untuk melawan iritasi yang terjadi. Meski suhu tubuh yang meningkat ini tidak hanya muncul karena sakit ginjal, namun peningkatan suhu tubuh akibat gangguan ginjal akan diikuti beberapa gejala lainnya.

Baca Juga: Orang dengan Sakit Gagal Ginjal Tidak Boleh Berpuasa, Benarkah?

2. Muncul Nyeri di Area Pinggul

Demam atau peningkatan suhu yang terjadi juga disertai dengan rasa nyeri di area pinggul. Rasa nyeri ini akan semakin intens ketika disentuh, atau ditekan menggunakan jari tangan. Mungkin gejala kedua ini bisa jadi yang paling mencolok pada sakit ginjal yang dialami seseorang.

3. Warna Air Kencing Pekat

Ketika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, maka efek paling jelas yang muncul adalah air kencing yang berwarna lebih pekat. Hal ini karena proses penyaringan tidak dapat dilakukan secara optimal, sehingga limbah yang dibuang oleh tubuh akan menunjukkan kondisi berbeda.

Ilustrasi toilet, urine dan buang air kecil (Pixabay/bzndenis)
Ilustrasi sering buang air kecil (Pixabay/bzndenis)

4. Sering Buang Air Kecil

Baca Juga: LIVE STREAMING Ngobrol Sehat Ramadhan: Menjaga Kesehatan Ginjal saat Berpuasa

Tanda lain yang terkait dengan buang air kecil adalah intensitasnya yang meningkat dari waktu ke waktu. Ketika mengalami hal ini dalam waktu yang cukup lama, bisa diindikasikan Anda mengalami gejala batu ginjal atau gangguan saluran kandung kemih.

5. Nafsu Makan Berkurang

Gejala sakit ginjal berikutnya adalah mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini merupakan respon alami tubuh agar tidak terlalu banyak makanan yang masuk dan memberatkan fungsi ginjal yang tengah tidak optimal.

6. Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Poin keenam dari gejala sakit ginjal adalah bagian kulit yang terasa kering dan gatal. Ginjal yang sakit tidak bisa menghilangkan limbah dan cairan ekstra dri tubuh. Tidak optimalnya fungsi ginjal akan membuat tubuh kekurangan mineral, sehingga kulit menjadi kering dan gatal.

7. Waspadai Air Kencing Berbusa

Pada keadaan ekstrim, air kencing yang keluar akan berbusa dan mengandung darah. Ketika hal ini terjadi, Anda harus segera mendatangi dokter dan melakukan konsultasi atau tidakan medis.

Itu tadi 7 gejala penyakit ginjal yang bisa Anda simak. Semoga bisa berguna dalam mengidentifikasi sakit ginjal yang dialami. Selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar