facebook

Hepatitis Akut Adalah Penyakit Berbahaya, Kenali Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak!

Chyntia Sami Bhayangkara
Hepatitis Akut Adalah Penyakit Berbahaya, Kenali Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak!
Ilustrasi Anak Demam - Kenali Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak (Pixabay)

Dunia kembali dihebohkan atas penemuan hipatitis akut yang menyerang anak-anak. Kenali ciri-ciri hepatitis akut pada anak serta cara mencegahnya.

Suara.com - Setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19, dunia kembali dihebohkan atas penemuan hipatitis akut yang menyerang anak-anak. Hepatitis akut adalah penyakit berbahaya yang penyebarannya terbilang sangat cepat, bahkan kini sudah mulai masuk di Indonesia. Agar mendapatkan penannganan yang cepat dan tidak semakin menyebar, kenali ciri-ciri hepatitis akut pada anak

Dikabarkan penyakit ini telah menyebabkan kasus kematian di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan setidaknya ada 5 anak di Indonesia meninggal diduga karena akibat hepatitis akut. Namun hingga saat ini belum ada yang tahu pasti penyebab datangnya hepatitis akut pada anak. Apa ciri-ciri hepatitis akut pada anak?

Kemenkes masih terus melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap serta penyelidikan epidemiologi sebagai upaya untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari Hepatitis akut misterius. Meski demikian, ada beberapa ciri-ciri hepatitis akut pada anak yang bisa Anda kenali.

Meski sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti Hepatitis akut misterius, Prof Hanifah Oswari, dokter spesialis anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI mengatakan, dugaan awal adanya virus ini disebabkan oleh adenovirus, SARS CoV-2, dan virus. Dia juga mengungkapkan bahwa hepatitis akut, umumnya menyerang sistem pencernaan dan slauran pernafasan. Simak ciri-ciri hepatitis akut pada anak berikut.

Baca Juga: Gejala Amandel Bengkak Berdasarkan Penyebabnya, Salah Satunya Radang Tenggorokan

Mengenal Hepatitis Akut ada Anak 

Hepatitis akut adalah kondisi peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, gangguan autoimun, bahan kimia, alkohol hingga kelainan genetik. Penyakit ini bisa hilang secara tiba-tiba (akut) atau bisa juga bersarang hingga jangka panjang yang memicu kerusakan hati (kronis). 

Adapun hepatitis yang menyerang saat ini terbilang akut karena menyerang anak-anak yang awalnya sehat secara tiba-tiba dan bergejala parah. Akan tetapi oleh sejumlah pakar hepatitis ini dilbilang misterius karena berbeda dengan hepatitis yang sudah ada sebelumnya. 

Lantas apa saja ciri-ciri hepatitis akut pada anak? Simak ulasannya berikut ini: 

Ciri-citi Hepatitis Akut pada Anak 

Baca Juga: Hati-hati Suhu Panas, IDAI Peringatkan Penyakit yang Rentan Dialami Anak

Berikut ini beberapa ciri-ciri atau gejala hepatitis akut pada anak: 

Komentar