facebook

Tidak Cuma Bikin Enak Masakan, Bawang Putih dan Kunyit Juga Punya Manfaat Kesehatan Loh!

M. Reza Sulaiman
Tidak Cuma Bikin Enak Masakan, Bawang Putih dan Kunyit Juga Punya Manfaat Kesehatan Loh!
Ilustrasi bawang putih [Pixabay/pameladebutler]

Tahukah Anda bahwa bawang putih dan kunyit juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh?

Suara.com - Bawang putih dan kunyit merupakan rempah-rempah yang kerap ditemukan di dapur sebagai bumbu penyedap.

Tapi, tahukah Anda bahwa bawang putih dan kunyit juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh?

Mengutip Hello Sehat, kunyit mengandung senyawa kurkumin (curcumin). Selain memberikan warna kuning khas pada kunyit, senyawa ini punya potensi manfaat menjaga kekebalan tubuh.

Kurkumin dapat meningkatkan kadar antibodi, tepatnya imunoglobulin G dan imunoglobulin M. Keduanya berperan penting untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

Baca Juga: 5 Bahan Herbal yang Berguna untuk Menjaga Kekebalan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Ilustrasi kunyit. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi kunyit. (Pixabay/Joseph Mucira)

Selain itu, kunyit membantu mengaktifkan sel T. Dengan begitu, tubuh tidak rentan mengalami reaksi berlebih akibat zat-zat asing yang sebenarnya tidak berbahaya.

Kunyit juga mampu menurunkan senyawa sitokin yang memicu peradangan pada tubuh. Kurkumin bisa menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan penyakit saluran pencernaan gastritis.

Perlu Anda ketahui, gastritis akan memicu peradangan sehingga lapisan pelindung saluran pencernaan melemah. Jika kondisi ini terjadi, saluran pencernaan rentan terkena infeksi bakteri jahat lainnya yang makin melemahkan sistem imun.

Sementara itu, bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit, yakni alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, alliin akan berubah menjadi allicin.

Senyawa ini berpotensi meringankan peradangan pada tubuh, mulai dari menekan kadar sitokin hingga meningkatkan respons untuk melawan virus dan bakteri.

Baca Juga: Tak Terima Anaknya Dicabuli, Ibu di Mempawah Cari Pelaku Sampai Ketemu, TFK Sempat Berupaya Kabur Pakai Sepeda Engkol

Dalam melawan patogen, bawang putih juga mampu meningkatkan produksi makrofag, yakni sel darah putih yang juga berperan penting dalam memberantas kuman penyebab penyakit.

Selain itu, bawang putih juga berpotensi menghambat pelepasan histamin yang terlibat dalam reaksi alergi sehingga mengurangi keparahan gejala alergi.

Komentar