facebook

Apakah Cacar Monyet Menyerupai Cacar atau Smallpox? Simak Penjelasan Lengkapnya

Agatha Vidya Nariswari
Apakah Cacar Monyet Menyerupai Cacar atau Smallpox? Simak Penjelasan Lengkapnya
Arsip - Foto yang diambil selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (DRC), 1996 hingga 1997, menunjukkan tangan seorang pasien dengan ruam akibat cacar monyet, dalam gambar tidak bertanggal yang diperoleh Reuters pada 18 Mei 2022. (CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters/as)

Berikut ini informasi mengenai cacar monyet yang menyerupai cacar

Suara.com - Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis virus yang terjadi terutama di daerah hutan hujan tropis Afrika Tengah dan Barat dan kadang-kadang diekspor ke daerah lain. Penyakit ini diikuti oleh gejala seperti demam, ruam dan pembekakan kelenjar getah bening dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis.

Akan tetapi, biasanya gejala cacar monyet ini hanya berlangsung 2 hingga 4 Minggu. Penyakit ini bisa menular ke manusia melalui kontak dekat, antara orang dengan hewan yang terinfeksi cacar monyet ini. Atau bisa dari bahan yang terkontaminasi virus.

Selain itu, cacar monyet ini juga bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. Yaitu melalui kontak dekat dengan lesi, cairan tubuh, tetesan pernapasan, dan bahan yang terkontaminasi seperti tempat tidur. Virus cacar monyet adalah virus DNA beruntai ganda yang termasuk dalam genus Orthopoxvirus dari keluarga Poxviridae.

Cacar monyet menyerupai cacar biasa

Baca Juga: Pengertian Cacar Monyet, Cara Penularan, Tanda Serta Gejalanya

Melansir dari laman resmi WHO yang merilis tulisan pada Kamis (19/5/2022), dijelaskan bahwa cacar monyet ini menyerupai cacar biasanya atau smallpox, infeksi orthopoxvirus terkait yang telah diberantas sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa cacar ini termasuk jenis penyakit yang cepat menular dari satu orang ke orang lain, atau dari hewan ke orang.

Tercatat hampir 30% pasien meninggal diakibatkan oleh penyakit cacar ini. Kasus terakhir cacar yang didapat secara alami terjadi pada tahun 1977. Lalu pada tahun 1980 penyakit cacar ini sudah diberantas dengan menggunakan vaksinasi dan penahanan global.

Sudah sekitar 40 tahun pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan secara rutin dan berbasis vaccinia. Karena memang vaksinasi ini juga bisa melindungai manusia dari serangan penyakit cacar monyet di Afrika Barat dan Tengah. Sementara yang belum mendapat vaksinasi menjadi kelompok rentan.

Untuk diketahui, cacar juga tidak hanya disebabkan secara alami saja, karena cacar juga bisa disebabkan oleh kecelakaan laboratorium atau pelepasan yang disengaja. Namun, sektor kesehatan global tetap waspada akan kemunculan penyakit cacar ini. 

Agar penyakit ini tidak sampai meluas dan menjangkit manusia, sektor kesehatan global telah menyiapkan vaksin yang lebih baru dengan diagnostic dan agen antivirus yang sedang dikembangkan. Harapannya, bisa berguna untuk pencegahan dan pengendalian monkeypox.

Baca Juga: Sejarah Awal Munculnya Cacar Monyet hingga Outbreak di Dunia

Demikianlah ulasan mengenai peyakit cacar monyet yang ternyata memiliki persamaan dengan cacar atau smallpox. Cacar monyet ini disebabkan oleh infeksi orthopoxvirus. Penyakit ini mudah menular dari satu orang ke orang lain atau dari hewan ke manusia.

Komentar