facebook

Benarkah Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Cedera Ginjal Akut? Ini Kata Peneliti!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Benarkah Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Cedera Ginjal Akut? Ini Kata Peneliti!
Ilustrasi minum kopi (pixabay.com)

Peneliti menemukan minum kopi bisa membantu mengurangi risiko cedera ginjal akut.

Suara.com - Studi baru yang diterbitkan dalam Kidney International Reports, telah menunjukkan bahwa minum 2 hingga 3 cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko cedera ginjal sebesar 23 persen, tetapi ini tidak boleh dianggap remeh.

Studi ini cukup besar, sehingga para peneliti menyelidiki efek minum kopi pada cedera ginjal akut. Kondisi ini terjadi ketika ginjal kehilangan semua atau sebagian fungsinya secara mendadak.

Para peneliti juga menemukan bahwa minum kopi dalam jumlah berapa pun mengurangi risiko cedera ginjal akut, tetapi 2-3 cangkir per hari paling bermanfaat.

"Selain itu, ini hanya indikasi karena para peneliti mencatat bahwa temuan mereka mungkin merupakan hasil dari senyawa bioaktif dalam kopi yang meningkatkan perfusi dan pemanfaatan oksigen di ginjal," kata Dr Sunil Prakash, Direktur Senior & HOD, Nefrologi & Transplantasi Ginjal, BLK Max Super Specialty, New Delhi dikutip dari Indian Express.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Hati, Ini Sebabnya!

Informasi positif mengenai minuman kopi ini pun mencuri perhatian jutan orang di media cetak dan elektronik. Sedangkan, para ahli sendiri perlu menyadari bahwa pengumpulan data secara retrospektif memiliki masalah tersendiri.

Ilustrasi Ginjal (Freepik)
Ilustrasi Ginjal (Freepik)

"Karena itu, kita perlu hati-hati dalam mengambil kesimpulan. Meskipun kafein meningkatkan aliran ginjal, kafein juga terlibat dalam menyebabkan batu ginjal," jelasnya.

Dr Prakash mengutip penelitian yang menunjukkan penurunan GFR (Glomerular Filtration Rate). Minum lebih dari 2 cangkir kopi akan meningkatkan risiko 1,19 kali lipat penurunan eGFR (perkiraan Laju Filtrasi Glomerulus) lebih dari 3 ml/menit. Tapi, temuan ini kebalikan dari penelitian sebelumnya.

"Singkatnya, saya merasa minum kopi dalam jumlah sedang mungkin memang membantu menurunkan cedera ginjal akut. Tapi, semua faktor lainnya juga harus diperhitungkan," katanya.

Kopi mengandung banyak senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain kafein, diterpen, dan asam klorogenat. Meskipun senyawa lain dalam kopi kurang dipelajari, senyawa seperti asam klorogenat dan trigonelin diketahui dapat mengurangi peradangan umum dan stres oksidatif.

Baca Juga: Inggris Ungkap Kembali Penemuan Virus Polio, Berpotensi Menyebar Dengan Cepat?

Komentar