facebook

5 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua Demi Mendukung Kesehatan Mental Anak

Risna Halidi
5 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua Demi Mendukung Kesehatan Mental Anak
Ilustrasi orangtua dan anak (Gustavo Fring/pexels)

Bukan hanya orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres, depresi dan tidak percaya diri yang bisa berdampak pada kesehatan mental mereka.

Suara.com - Bukan hanya orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres, depresi dan tidak percaya diri yang bisa berdampak pada kesehatan mental mereka.

Untuk itu peran orangtua sangat diperlukan, terutama dalam menjaga mental mereka. Dikutip dari laman Verywell Family, berikut lima hal yang bisa dilakukan orangtua dalam menjaga kesehatan mental si buah hati.

Ilustrasi orangtua bersama anak-anaknya (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi orangtua bersama anak-anaknya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

1. Tunjukkan Cinta Tanpa Syarat
Salah satu cara untuk merawat dan menjaga kesehatan mental adalah adalah menunjukkan cinta tanpa syarat ke anak. Hal itu dikatakan oleh mantan guru sekaligus petinggi Waterford.org, Jenni Torres, MEd.

Orangtua perlu secara teratur memberi tahu anak, bahwa apa pun yang terjadi, orangtua tetap akan mencintai mereka. Anak-anak juga perlu memahami bahwa semua orang bisa membuat kesalahan, tetapi penting untuk belajar dari kesalahan yang terjadi.

Baca Juga: Viral Bocah SD Diam-diam Pinjam HP Kakak, Demi Chat Ibunya yang Sudah Meninggal

2. Puji Karakter Mereka
Dorongan, pujian, dan afirmasi yang diberikan orangtua kepada anak dapat membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka. Lebih penting lagi, tindakan itu dapat mendukung kesehatan mental mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa harga diri yang rendah dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan stres akademik, yang semuanya secara signifikan memengaruhi kualitas hidup anak. Harga diri yang rendah bahkan dapat menimbulkan ide bunuh diri.

3. Menghabiskan Waktu Bersama
Menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga tidak hanya memperkuat ikatan tetapi juga memberikan waktu yang sangat dibutuhkan baik orangtua dan anak.

Saat menghabiskan waktu bersama, orangtua dan anak bisa sama-sama mempelajari banyak hal serta mengetahu apa yang tengah anak perjuangkan, dan apa impian mereka.

4. Berkomunikasi Secara Teratur
Berbicara secara konsisten dapat membantu anak memecahkan masalah saat mereka menghadapi situasi sulit. Orangtua juga bisa mulai berbicara terbuka terkait emosi yang mereka hadapi.

Baca Juga: Diamankan Sekuriti, Pelaku Pelecehan Anak Sempat Ancam Bunuh Orang Tua Korban

Coba ajukan pertanyaan terbuka. Biarkan mereka berbagi tentang hari mereka sepulang sekolah, pesta, atau acara khusus. Membagikan hal-hal ini, baik yang baik maupun yang buruk, akan memberikan kesempatan bagi orangtua untuk membantu mereka memecahkan masalah.

5. Membangun Kepercayaan
Salah satu kebutuhan dasar anak-anak adalah rasa aman. Ketika anak-anak merasa aman, mereka berkembang dengan tepat dan belajar dengan cepat.

Salah satu cara untuk menumbuhkan perasaan aman dan percaya adalah dengan menciptakan lingkungan di rumah yang aman bagi anak-anak.

Komentar