Kerjasama Iwet Ramadhan-Andhien Garap Batik Madura

Esti Utami | Dinda Rachmawati
Kerjasama Iwet Ramadhan-Andhien Garap Batik Madura

Mengusung semangat egaliter perempuan Madura.

Celebrity desainer turut meramaikan panggung Fashion Tent hari kedua Jakarta Fashion Week (JFW) 2015, Minggu (2/11/2014) di Senayan City, Jakarta. Kolaborasi antara Iwet Ramadhan dan penyanyi Andien menjadi koleksi yang ditunggu-tunggu.

Kali ini, Iwet yang dikenal sebagai penggagas label TIKPrive, sengaja menggandeng Andien untuk menghasilkan karya luar biasa dengan mengolah keindahan batik Madura yang mengangkat tema "The Powerful Phoenix".

Iwet yang selama ini telah dikenal dengan usahanya melestarikan motif-motif batik klasik Indonesia, menemukan warisan motif batik yang telah turun temurun dari tahun 1920an, saat berkunjung ke Madura beberapa waktu lalu.

Kain yang dimiliki oleh para isteri nelayan di Madura tersebut, menceritakan kekuatan peran perempuan sebagai homemaker atau sosok yang mampu melakukan berbagai peranan sekaligus dalam kehidupannya.

"Karya saya bersama Andien ini menceritakan tentang karakter perempuan yang menurut saya sangat unik. Perempuan itu lembut tapi di dalamnya memiliki kekuatan luar biasa," ujar Iwet tentang karyanya.  

Melihat kain batik Madura yang telah turun temurun itu, Iwet pun meminta pengrajin untuk membuatkan kain batik yang serupa.

"Setelah membuat 10 lembar batik, cantingnya rusak. Jadi, 10 kain itulah yang kami manfaatkan untuk membuat busana koleksi rancangan hari ini," cerita Andien semangat.

Koleksi yang didominasi oleh warna biru dan merah ini terdiri dari beragam potongan dress klasik yang juga terinspirasi dari perempuan tahun 1920an.

Iwet dan andhien mengemas batik madura menjadi ‎gaun pendek  dengan aksen apron atau celemek yang kuno. Show dibawakan para model dengan ceria tanpa beban dan diiringi musik yang membuat pecinta fashion semakin terbawa suasana yang egaliter.

"Di sini aku yang mencari konsep desainnya seperti apa. Aku cari busana perempuan tahun 1920 dari seluruh dunia. Seperti apa gaya mereka ketika sedang ditinggal melaut oleh suaminya," imbuh Andien.

Karya Iwet dan Andhien ini tampil dalam rangkaian signature show tahunan JFW, bertema "#SATUBUMI" bersama tiga tim pasangan artis lain, yaitu Pevita Pearce-Afgan, Acha Septriasa-Olivia Jensen, serta Daniel Mananta -Nowela Indonesian Idol.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS