3 Bumbu Dasar Inilah yang Membedakan Masakan Indonesia

Esti Utami | Dinda Rachmawati
3 Bumbu Dasar Inilah yang Membedakan Masakan Indonesia
Ilustrasi bumbu dapur. (shutterstock)

Dari ketiga bumbu dasar ini lahir ribuan masakan khas Nusantara.

Bumi Nusantara memiliki beragam masakan tradisional. Satu hal utama yang menandai beragam masakan Indonesia itu adalah kayanya bumbu yang digunakan dalam mengolah makanan. Chef Widhi Joestiarto, pakar kuliner yang telah tujuh kali memenangkan kompetisi Iron Chef  ini, membenarkan jantung masakan Indonesia memang terletak pada bumbu.

"Meski memiliki masakan khasnya sendiri-sendiri, daerah Indonesia tetap memiliki satu kesamaan yakni dari bumbu dan cara memasak yang sama," ujar dia dalam acara Jakarta Food Editor's Club yang diadakan PT. Unilever Tbk, di kawasan Kuningan, Jakarta pada Kamis (19/11/2015).

Bumbu dalam masakan Indonesia, jelas dia adalah titik awal dari semua hidangan. Bumbu terdiri dari beragam jenis rempah-rempah, sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat kaya dan khas dalam masakan Indonesia.

Secara garis besar, bumbu pada masakan Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga bumbu dasar. Yakni bumbu dasar merah, putih dan kuning. Tiga bumbu dasar ini dapat dikembangkan menjadi beragam jenis masakan di Indonesia.

Seperti bumbu dasar merah yang terdiri dari cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Bumbu ini cenderung pedas dan biasa digunakan pada masakan sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai hingga aneka balado.

Sementara bumbu dasar putih, kata Chef Widhi, terdiri dari paduan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri yang dihaluskan. Bumbu ini dapat digunakan pada masakan gudeg, terik daging, sayur lodeh, bacem hingga opor.

Sedangkan bumbu dasar kuning, merupakan perpaduan antara bumbu putih yang dicampurkan dengan kunyit. Bumbu ini dapat dikembangkan menjadi beragam masakan, seperti bumbu kari, acar kuning, ayam goreng, nasi kuning hingga soto dengan menambahkan berbagai jenis rempah seperti cengkeh, kapulaga, pala dan sebagainya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS