Ingin Balikan dengan Mantan, ini Tips dari Terapis Pernikahan

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Ingin Balikan dengan Mantan, ini Tips dari Terapis Pernikahan
Ilustrasi ingin balikan dengan mantan. (shutterstock)

Apa tips balikan dengan mantan kekasih dari terapis pernikahan?

Suara.com - Keinginan untuk kembali dengan mantan kekasih adalah hal yang cukup normal, Inilah yang dikatakan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi David Klow, pemilik Pusat Konseling Skylight di Chicago.

“kita semua terhubung dengan ikatan dan juga untuk pengalaman baru. Ketika kita bisa memiliki keduanya dengan kembali bersama dengan mantan kekasih , banyak dari kita yang memanfaatkan kesempatan itu," jelas dia.

Apalagi, lanjut Terri Orbuch, Ph D, penulis Finding Love Again: 6 Simple Steps to a New and Happy Relationshipserta dan profesor di Universitas Oakland di Michigan, kita akan merasa lebih mudah menghabiskan waktu bersama seseorang yang sudah kita kenal sebelumnya dibandingkan orang baru.

"Kita sering tidak tertarik pada seseorang yang baru karena kita harus mengenal mereka lebih dalam dan itu membutuhkan waktu. Ketika bersama mantan kekasih, kita sudah tahu apa yang kita sukai, atau tidak suka, dan bagaimana mereka," kata Terri dilansir Womenshealthmag.

Mungkin untuk lebih berhasil dengan hubungan kedua, kata David - Anda hanya perlu mendekatinya dengan cara yang benar. Inilah cara untuk kembali dengan mantan Anda tanpa mengacaukannya.

1. Perlambat gerakan

Ya, sangat mengasyikkan bahwa Anda dan mantan Anda bisa berhubungan kembali. Tetapi, kata David terlalu cepat bergerak mungkin bukanlah langkah yang bijak. Tidak ada salahnya untuk memperlambat gerakan sebelum Anda menghubunginya. Itu memberi Anda dan dia waktu untuk menata kembali perasaan.

2. Cari tahu apa yang Anda inginkan

Terri mengatakan ini adalah kesempatan Anda untuk meletakkan semua kartu Anda di atas meja, jadi jangan takut untuk menjadi nyata tentang apa yang Anda butuhkan untuk bahagia dalam suatu hubungan. Dia merekomendasikan bertanya pada diri sendiri apa harapan Anda dalam suatu hubungan, serta kualitas apa yang Anda butuhkan dari pasangan. Anda juga harus mempertimbangkan masalah Anda.

"Kemudian, bagikan harapan ini dengan mantan kekasih Anda dan mintalah di melakukan hal yang sama untuk Anda dan bagikan daftar itu kepada Anda. Ini penting bagi semua pasangan untuk dilakukan bersama, agar Anda terhubung kembali dengan mantan kekasih. Terbuka dan jujurlah," ujar dia.

3. Maju dan melihatnya sebagai hubungan baru

"Ya, Anda sudah pernah berkencan dan mengenal satu sama lain, tetapi waktu mengubah orang. Jadi, kenali mantan kekasih Anda lagi, ajukan pertanyaan, lihat apa yang mereka pikirkan dan rasakan," ujar Terri.

4. Bicaralah tentang apa yang Anda lakukan ketika Anda terpisah

Sekaranglah waktunya untuk berbicara jika Anda bersama seseorang ketika Anda berdua putus. Anda tidak bercerita terlalu detail, hanya cerita sederhana, seperti "Saya berkencan dengan seseorang selama beberapa bulan,". Ini sudah cukup baik — kecuali jika seseorang itu adalah sahabat atau rekan kerja atau siapa pun yang dapat memicu rasa sakit atau kecemburuan.

5. Mengapa Anda ingin kembali bersama

Apakah Anda frustrasi karena teman kencan terakhir Anda tak sesuai harapan atau apakah Anda benar-benar berpikir ada sesuatu yang bernilai positif dan sehat untuk mengejar mantan kekasih Anda kembali? Jika ini adalah yang pertama, David mengatakan itu bukan alasan yang bagus untuk kembali ke mantan kekasih Anda. Tetapi jika itu yang terakhir, lakukanlah.

6. Dengarkan intuisi Anda

Jika Anda mendapati diri Anda mengabaikan beberapa masalah besar saat terakhir Anda berhubunhan, maka Terri mengatakan penting untuk memperbaiki perilaku itu.

Jika Anda mencobanya sekali lagi, pastikan Anda juga mempercayai nalurimu jika semuanya bisa mulai kembali lagi ke kebiasaan lama.

7. Jangan mengungkit masalah lama

Sangat mungkin Anda akan mengalami perkelahian dan masalah lama akan muncul lagi. Jadi, yang terbaik adalah jangan mengungkitnya. Tetapi Anda harus mendiskusikan masalah di baliknya, ditambah apa yang akan Anda lakukan untuk menghindarinya di masa depan. Membicarakannya saat Anda berdua tenang adalah kuncinya, kata David.

"Penting bagi pasangan untuk membangun hubungan di masa lalu, masalah dan semuanya," kata Klow.

8. Memiliki obrolan kepercayaan

"Mengingat kalian berdua memiliki masa lalu, kepercayaan kemungkinan besar telah hancur. Dalam banyak hubungan, perpisahan terjadi karena salah satunya melakukan perselingkuhan. Dan, kepercayaan yang sudah hancur, sangat sulit untuk dibangun kembali," kata Terri.

Karena itu, dia merekomendasikan pasangan yang ingin menghidupkan kembali hubungan mereka harus memiliki obrolan kepercayaan di mana Anda mendiskusikan apa artinya mempercayai satu sama lain dan membuat daftar harapan yang realistis untuk hubungan tersebut, serta menjawab "apa itu kesetiaan dan apa artinya bagi masing-masing saat kita maju? "

Selama pembicaraan ini, Anda juga ingin bisa memutuskan apa definisi komitmen Anda. "Ini semua adalah pertanyaan yang harus dijawab dalam hubungan apa pun saat Anda ingin bergerak maju, dan terlebih lagi jika Anda kembali dengan seorang mantan kekasih," kata dia.

Jadi ketika sudah berfikir panjang dan mengambil keputusan untuk balikan sama mantan kekasih, kamu bisa ikuti tips dari terapis pernikahan di atas. 

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS