Olahraga 15 Menit Sehari Bisa Cegah Depresi, Ini Penjelasannya!

Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Olahraga 15 Menit Sehari Bisa Cegah Depresi, Ini Penjelasannya!
Studi olahraga bisa cegah depresi. (Shutterstock)

Bagaimana olahraga bisa cegah depresi?

Suara.com - Olahraga 15 Menit Sehari Bisa Cegah Depresi

Sebuah studi terkini menemukan cara efektif untuk mengurangi depresi. Seperti diketahui depresi merupakan kondisi yang bisa dialami siapapun dan menyebabkan berbagai masalah lainnya mulai fisik hingga gangguan mental.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychology menemukan bahwa olahraga sebenarnya dapat mencegah depresi. Hanya melakukan olahraga selama 15 menit saja bisa mengurangi risiko Anda mengalami depresi lho!

“Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dikaitkan dengan berkurangnya peluang untuk mengidap depresi berat,” bunyi penelitian tersebut dilansir dari Nypost.

Untuk mengarah pada kesimpulan ini peneliti menganalisis UK Biobank, basis data yang memuat sampel genetik dari hampir 400.000 lelaki dan perempuan di Inggris. Peneliti menemukan bahwa responden dengan varian gen tertentu yang membuatnya tetap bergerak lebih rendah risikonya mengidap depresi.

Tentu saja meski temuan ini menyebut olahraga 15 menit dapat mengurangi risiko depresi, Anda harus melakukannya secara rutin alias setiap hari, bukan pada waktu-waktu tertentu saja. Olahraga seperti diketahui mendorong produksi hormon oksitosin atau hormon cinta yang membuat perasaan bahagia.

"Produksi hormon inilah yang dikaitkan dengan suasana hati yang lebih positif sehingga membuat orang lebih rendah risikonya mengidap depresi atau gangguan mental lainnya," bunyi kesimpulan penelitian tersebut.

Jadi mulai olahraga minimal 15 menit sehari untuk cegah depresi yang bisa menyerang siapa saja. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS