Kereta Api Terpanjang di Dunia Ada di Australia Selatan, Ini Penampakannya

Silfa Humairah Utami
Kereta Api Terpanjang di Dunia Ada di Australia Selatan, Ini Penampakannya
Kereta api The Ghan terpanjang di dunia. (Wikimedia Beau Wade)

Yuk, menelisik kereta api terpanjang di dunia yang ada di Australia Selatan.

Suara.com - Transportasi umum kereta api masih banyak digunakan untuk perjalanan jauh dan dekat di banyak negara, khususnya di negara Australia Selatan. Ya, negara ini memiliki kereta api dengan gerbong terpanjang bernama The Ghan.

Gerbongnya membentang sejauh 1,09 kilometer atau setara 12 kali panjang lapangan sepak bola. Bahkan karena begitu panjang, The Ghan dinobatkan sebagai kereta api terpanjang di dunia versi Guiness World Records dikutip dari GuideKu.

Beroperasi sejak 1929, The Ghan menghubungkan Adelaide di Australia Selatan dengan kawasan Darwin di Australia bagian utara.

Kereta api legendaris ini hanya melakukan perjalanan selama satu kali dalam seminggu dengan catatan waktu tempuh 54 jam atau setara 3 hari 2 malam sekali jalan.

The Ghan kereta api terpanjang di dunia. (Wikimedia Rienhard Dietrich)
The Ghan kereta api terpanjang di dunia. (Wikimedia Rienhard Dietrich)

Dengan kecepatan 85 kilometer per jam menyisir lintasan sejauh 2.979 kilometer, The Ghan hanya melakukan pemberhentian satu kali dengan durasi sekitar 4 jam di Alice Springs, sebuah kota di antara Adelaide dan Darwin.

Berbekal 44 Gerbong dan 2 lokomotif, kereta api ini sanggup menampung 5.800 penumpang, dan mengangkut 200 kilogram sayur, daging ikan serta 3 ribu telur.

Wah, panjang sekali gerbong kereta api asal The Ghan ini, daya tampung yang dimiliki juga tidak kalah menarik. Jadi penasaran mau keliling naik kereta api terpanjang di dunia saat mengunjungi Australia Selatan? (Aditya Prasanda)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS