Ini Dia Tips Masak Tongseng Daging yang Empuk dan Lezat ala Chef Ragil

Arsito Hidayatullah | Firsta Nodia
Ini Dia Tips Masak Tongseng Daging yang Empuk dan Lezat ala Chef Ragil
Chef Ragil Imam Wibowo. [Suara.com / Firsta Nodia]

Salah satu tantangan memasak tongseng adalah bagaimana agar daging kambing yang disajikan empuk dan tidak bau prengus.

Suara.com - Tongseng merupakan salah satu kuliner nusantara yang melegenda. Biasanya menu satu ini banyak ditemukan di Pulau Jawa. Salah satu jenis daging yang kerap digunakan untuk meramu tongseng adalah daging kambing.

Tantangannya tentu saja bagaimana agar daging kambing yang disajikan empuk dan tidak bau prengus. Nah, kali ini Chef Ragil Imam Wibowo, seorang pengamat kuliner dan foodpreneur, membagikan tipsnya untuk Anda.

Pertama adalah pemilihan daging kambing. Gunakan daging kambing yang berusia muda, sekitar enam bulan, agar teksturnya empuk dan mudah dikunyah.

"Sebenarnya umur hewan tergantung mau dapat rasa seperti apa. Bisa yang 3 bulan, 6 bulan atau 9 bulan. Kalau mau empuk, usia kambing enam bulan amanlah," ujar Chef Ragil membagikan tipsnya, baru-baru ini.

Selain usia kambing, Chef Ragil pun menyebut bahwa teknik penyembelihan juga berperan dalam menciptakan rasa daging kambing yang lezat. Kambing yang disembelih dalam kondisi stres biasanya akan mempengaruhi rasanya.

"Ketika memotong kambing, harus satu urat yang dipotong sekaligus. Orang yang memotong hewan harus spesifik orang yang bisa motong. Karena kalau motongnya sembarangan, kambing bisa stres karena tegang kesakitan, dan akan berubah rasanya," imbuh dia.

Nah, selain teknik pemotongan kambing, waktu penambahan kecap juga dapat mempengaruhi citarasa tongseng. Chef Ragil menyarankan Anda untuk menambahkan kecap di akhir memasak, sehingga citarasanya tetap terjaga.

"Kalau kecap, saat memasak tongseng itu sebaiknya paling akhir. Kalau di awal bisa menghilangkan rasa kecap. Jadi, supaya rasanya tetap enak, tambahkan kecap di akhir," tandas dia.

Nah, itu tadi tips memasak tongseng kambing yang maknyus dari Chef Ragil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS