Seluncur Air Terpanjang di Dunia, Butuh Empat Menit Meluncur ke Bawah

Vania Rossa | Risna Halidi
Seluncur Air Terpanjang di Dunia, Butuh Empat Menit Meluncur ke Bawah
Seluncur air terpanjang di dunia. (Oddity Central/Escape Theme Park)

Seluncuran air tersebut sedang dalam proses pembangunan dan akan beroperasi Agustus mendatang.

Suara.com - Sebuah seluncuran air sepanjang 1.140 meter tengah dibangun di area lereng bukit tertutup hutan di Penang, Malaysia.

Diberi nama Escape Theme Park, seluncuran air tersebut diklaim sebagai seluncuran air terpanjang di dunia dan akan segera dibuka pada Agustus 2019 mendatang.

Saking panjangnya, butuh waktu sekitar empat menit berseluncur dari puncak bukit, melalui hutan yang rimbun, sampai akhirnya jatuh ke dasar kolam renang.

Sampai saat ini, seluncuran air tersebut sudah memasuki tahap 65 persen selesai. "Rencananya kami akan membangun seluncuran air yang memungkinkan pengunjung melihat seluruh taman. Kami tidak bermaksud memecahkan rekor dunia. Namun demikian saya bangga dengan apa yang telah kami capai," kata CEO Escape Theme Park, Sim Choo Kheng.

Salah satu bagian yang paling menantang dari proses konstruksi seluncuran tersebut adalah memanfaatkan medan dan pepohonan hutan Penang yang rimbun, tanpa merusak ekosistemnya.

Karenanya, sebagian besar bahan diangkut secara manual ke puncak bukit tanpa menggunakan mesin berat pada umumnya. "Saya peduli dengan lingkungan sehingga kami mencoba cara terbaik untuk menjaga tanaman hijau dengan tidak menebang pohon," tambah Sim Choo Kheng.

Saat ini, rekor Guinness untuk seluncuran air terpanjang di dunia dipegang oleh Action Park dengan panjang 605 meter yang terletak di New Jersey, Amerika Serikat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS