Jangan Sembarangan Refund Barang atau Akun Online Shop Diblokir 980 Tahun

Angga Roni Priambodo | Rima Suliastini
Jangan Sembarangan Refund Barang atau Akun Online Shop Diblokir 980 Tahun
Ilustrasi refund barang. (Shutterstock)

Hal ini terjadi pada Zhu di China.

Suara.com - Seorang pria bermarga Zhu benar-benar dibuat emosi oleh salah e-commerce papan atas. Dia terpaksa gigit jari karena akun online shop miliknya dibekukan alias diblokir selama 980 tahun.

Semua ini sebenarnya berawal dari kesalahan Zhu sendiri.

Pria asal Provinsi Fujian, China ini membeli sebuah arloji mahal yang harganya setara Rp 65 juta. Tak sampai satu menit, ia kemudian memanfaatkan fitur refund untuk mengembalikan barang setelah transaksi.

Melansir dari World of Buzz, ia ngaku 'mendadak' sadar bahwa kebiasaan belanja online tanpa pikir panjang adalah hal yang buruk. Itulah sebabnya Zhu langsung me-refund arloji tersebut.

Sayangnya, aksi sembarangan refund yang dilakukan Zhu membuat pihak situs web online shop berang. Mereka merasa dipermainkan dan Zhu dituduh menyalahgunakan fasilitas keanggotaan.

Online shopping. (Shutterstock)
Ilustrasi online shopping. (Shutterstock)

Alhasil, akun milik Zhu di blokir selama 980 tahun dan baru bisa digunakan lagi pada tahun 2999.

Pihak E-commerce menyayangkan sikap Zhu dan membuat tokonya mengalami kerugian non-materi seperti menggangu kepentingan orang lain dan menghambat operasional mereka.

Zhu tak terima akun miliknya dibekukan dan ia membela diri karena merasa tak melanggar perjanjian. Disebutkan jika salah satu fasilitas anggota di e-commerce tersebut adalah hak pembeli untuk mendapatkan uang kembali sebelum barang dikirimkan.

Ilustrasi online shopping
Ilustrasi online shopping. (Shutterstock)

Zhu juga keberatan akun miliknya diblokir selama 980 karena besar kemungkinan, ia sudah meninggal ketika kaunnya bisa digunakan lagi.

"Abu tubuhku bahkan sudah hilang entah kemana sebelum aku mendapatkan akunku kembali," ungkap Zhu, protes.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS