Harga Tembaga Anjlok Imbas Virus Corona yang Makan Banyak Korban di China

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Harga Tembaga Anjlok Imbas Virus Corona yang Makan Banyak Korban di China
Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di China. (Shutterstock)

Harga tembaga jatuh ke level terendah dalam enam pekan terakhir pada Kamis (23/1/2020) karena meningkatnya jumlah kematian akibat virus corona.

Suara.com - Harga tembaga jatuh ke level terendah dalam enam pekan terakhir pada Kamis (23/1/2020) karena meningkatnya jumlah kematian akibat virus corona.

Peristiwa tersebut meningkatkan kekhawatiran atas dampak potensial wabah tersebut terhadap perekonomian China.

Logam industri lainnya juga tergelincir, harga minyak anjlok lebih dari 2 persen dan bursa saham di China mencatat penurunan terbesar sejak Mei, yuan juga melemah karena China mengisolasi dua kota di pusat penyebaran virus tersebut.

Investor mengingat kembali bagaimana wabah Sudden Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada 2002-2003, yang juga dimulai di China menghambat pertumbuhan ekonomi di konsumen logam terbesar dunia itu.

Melansir Reuters Jumat (24/1/2020) Harga patokan tembaga di London Metal Exchange (LME) ditutup merosot 2 persen menjadi 5.987 dolar AS per ton, sehingga menempatkan kerugian sepanjang pekan ini menjadi sekitar 4,5 persen.

"Jika angka kematian meningkat dan semakin banyak orang yang tertular virus ini, harga akan turun lebih jauh," kata analis Commerzbank, Daniel Briesemann.

Persediaan berdasarkan pesanan di gudang LME pun otomatis mengalami kenaikan menjadi 162.875 ton dari 90.000 ton minggu lalu. Stok di China juga sudah mulai naik.

Harga logam dasar lainnya di kompleks LME sebagian besar tertekan, timbal ditutup merosot 1 persen menjadi 1.967 dolar AS per ton.

Aluminium turun 0,9 persen menjadi 1.795 dolar AS, seng anjlok 2,2 persen menjadi 2.343 dolar AS, nikel menyusut 2,1 persen menjadi 13.360 dolar AS dan timah ditutup 2,3 persen lebih rendah menjadi 17.030 dolar AS per ton.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS