facebook

Ini Dia 3 Destinasi Surgawi di Banyuwangi

Vania Rossa
Ini Dia 3 Destinasi Surgawi di Banyuwangi
Taman Nasional Baluran. (Serbada.com)

Di ujung timur pulau Jawa, tepatnya di kota Banyuwangi, kamu akan menemukan 3 destinasi wisata yang keindahannya sudah diakui wisatawan mancanegara.

Suara.com - Buat kamu yang berencana liburan ke Bali lewat jalur darat, singgahlah sejenak di kota Banyuwangi sebelum menyeberang menggunakan kapal feri. Jelajahi kota ini selama 2-3 hari, dijamin kamu akan dibuat takjub dengan keindahannya.

Kali ini, mengutip dari blog Pigijo, Suara.com merekomendasikan 3 destinasi wisata istimewa di Banyuwangi yang bisa kamu pertimbangkan. Ini dia.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran. (Shutterstock)
Taman Nasional Baluran. (Shutterstock)

Di film dokumenter, kamu pasti sering melihat hamparan padang pasir di Afrika dengan berbagai hewan liar yang berlarian bebas. Nah, wisata safari seperti ini ternyata juga bisa dilakukan di Banyuwangi, lho. Tepatnya du Taman Nasional Baluran.

Baca Juga: Kemenpar Serius Kembangkan Ekowisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah kawasan yang digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. Saking indahnya, taman ini kerap dijuluki Little Africa in Java. Dengan luas kurang lebih 25.000 ribu hektar, Taman Nasional Baluran juga memiliki hutan abadi yang dinamai Hutan Evergreen. Hutan ini selalu subur dan tak akan pernah gersang seperti wilayah sekitarnya yang bisa gersang dan subur sesuai musim.

Kawah Ijen

Kawah Ijen. (Suara.com/Ahmad Suudi)
Kawah Ijen. (Suara.com/Ahmad Suudi)

Kawah Ijen adalah sebuah danau air asam terbesar di dunia yang terleak pada puncak Gunung Ijen, dengan kedalaman 200 meter dan luas mencapai 5.446 hektar. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kawah Ijen adalah ingin melihat blue fire atau api biru. Blue fire sendiri sebenarnya merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu oksigen pada suhu tertentu. Dan blue fire adalah fenomena langka yang hanya terjadi di dua tempat di dunia, yaitu di Islandia dan Kawah Ijen, Indonesia. Tapi, untuk dapat menikmati blue fire ini, kamu harus datang malam atau dini hari, sekitar pukul 02.00 - 05.00.

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol, Banyuwangi. (Shutterstock)
Pantai Watu Dodol, Banyuwangi. (Shutterstock)

Terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, Pantai Watu Dodol merupakan gerbang masuk menuju Kabupaten Banyuwangi. Nama Watu Dodol sendiri diambil dari batu karang besar yang berada tepat di pinggir pantai, dengan ukuran tinggi sekitar 5 meter dan berbentuk panjang menyerupai makanan tradisional dodol.

Baca Juga: Pebalap Tour de Banyuwangi Akan Disuguhi Keindahan Kawah Ijen

Karakteristik Pantai Watu Dodol adalah pantainya tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan coral dan karang. Airnya yang jernih dan pemandangan alam sekitar yang sangat menawan, membuat pantai yang berada tepat di pinggir jalan ini kerap dijadikan persinggahan bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak.

Komentar