4 Cara Merawat Kaktus Agar Awet

Vania Rossa
4 Cara Merawat Kaktus Agar Awet
Cara Merawat Kaktus. (Unsplash)

Bentuk kaktus yang cantik dan perawatannya yang relatif mudah membuatnya digemari sebagai tanaman penghias ruangan.

Suara.com - Saat memilih tanaman di dalam ruangan, kaktus bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk dipilih. Bentuknya yang funky dan perawatannya yang relatif mudah membuatnya menjadi aksen yang menarik di dalam ruangan.

Habitat alami kaktus di padang gurun yang temperaturnya sangat panas membuatnya dianugerahi kemampuan menyimpan air untuk bertahan hidup di kondisi ekstrem. Maka dari itu, ketika dipindahkan ke habitat yang lebih sejuk, tertutup, dan bertolak belakang dengan kondisi hidup aslinya, kaktus perlu dirawat dengan ekstra supaya tetap awet.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti empat cara dari Dekoruma di bawah ini untuk memastikan tanaman kaktus yang sudah Anda pelihara atau berencana untuk pelihara, bisa tetap hidup dalam jangka waktu yang lama.

1. Kaktus Tidak Perlu Disiram Terlalu Sering

Idealnya, kaktus disiram dalam dua sampai tiga minggu sekali dengan air hangat pada pagi hari agar tanaman ini tidak kaget dengan perubahan temperatur. Hal ini dikarenakan akarnya memiliki sistem penyerapan yang sangat sederhana sehingga air yang terlalu banyak akan membuatnya mati dan busuk.

2. Cegah Busuk dengan Pot Berlubang

Karena kondisi akar kaktus yang tidak bisa menampung air dalam jumlah besar, Anda bisa membantu memperlancar sistem pengairannya dengan menggunakan pot yang memiliki lubang air di bawahnya. Sisa-sisa air yang tidak bisa terserap oleh batang dan akar kaktus akan otomatis mengalir keluar.

3. Pastikan Kaktus Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Habitat alami kaktus disinari matahari sepanjang hari dengan suhu tinggi yang ekstrem. Pastikan kaktus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Letakkan di dalam ruangan, persisnya dekat jendela atau sumber cahaya lain yang memiliki lapisan pelindung. Lakukan ini selama empat jam.

4. Rutin Memberi Pupuk Kepada Kaktus

Sama seperti tanaman lain, kaktus juga perlu dipupuk secara rutin untuk pertumbuhan yang paling maksimal. Anda hanya perlu memupuk kaktus dalam setahun sekali serta jumlah yang sedikit karena memang struktur alaminya yang tidak perlu nutrisi sebanyak itu. Pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK yang mengandung fosfor, nitrogen, dan kalium yang mendukung pertumbuhan kaktus untuk menjadi lebih berisi dan berbatang yang kuat.

Artikel terkait:

Macam-Macam Tanaman Hortikultura Yang Bisa Ditanam di Rumah
Ruang Kecil Bukan Masalah, Ini 7 Tanaman Dalam Pot yang Bisa Kamu Coba!
Cara Membuat Kebun Tanaman Hidroponik di Rumah

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS