Rahasia Kastengel Enak dan Gurih: Pilih Jenis Keju Tua!

Vania Rossa
Rahasia Kastengel Enak dan Gurih: Pilih Jenis Keju Tua!
Kastengel. (Shutterstock)

Hindari keju cheddar yang merupakan jenis keju muda.

Suara.com - Kastengel atau kue keju jadi salah satu kue lebaran andalan yang pasti disajikan di setiap rumah. Tapi, tentu saja setiap rumah punya ciri khas rasa kastengel masing-masing. Lalu, apa rahasia kastengel yang enak dan gurih?

Dikutip dari Resep Koki, jenis keju yang Anda pilih akan sangat menentukan cita rasa kastengel yang Anda buat. Dan untuk mendapat rasa gurih keju yang hakiki, ini dia jenis keju yang paling cocok untuk kastengel.

1. Keju edam

Kita kerap melihat keju edam sebagai keju yang berbentuk bulat dan terbungkus lapisan lilin berwarna merah. Keju edam merupakan keju tua yang berasal dari Belanda. Keju ini bertekstur kering dan keras, sehingga tidak akan memengaruhi tekstur kue. Selain itu, proses fermentasi yang panjang membuat rasa dari keju sudah keluar dan memberi cita rasa khas pada kastengel.

2. Keju gouda

Keju gouda juga termasuk keju tua yang berasal dari Belanda, yang biasa dijual dalam bentuk kotak atau bulat. Keju gouda memiliki kandungan lemak sebanyak 48% sehingga memiliki tekstur creamy. Semakin tua umurnya, keju gouda akan terasa manis dan bertekstur garing.

3. Keju parmesan

Keju parmesan yang lebih dikenal sebagai topping pasta ini juga bisa digunakan untuk kastengel. Dibandingkan dengan keju cheddar, keju parmesan memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma tajam karena proses pemeraman yang lama. Keju parmesan tergolong sebagai keju keras (hard cheese) karena kandungan airnya hanya seperempat dari total keju.

Nah, itu dia 3 jenis keju terbaik untuk membuat kastengel yang enak dan gurih. Bagaimana dengan keju cheddar?

Keju cheddar adalah jenis keju muda yang sebaiknya dhindari ketika membuat kastengel karena teksturnya yang terlalu lembut. Bahkan sekadar untuk keju parutnya pun, Anda sebaiknya tetap menggunakan keju tua, dan bukan keju cheddar. Coba buktikan sendiri di rumah, ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS