alexametrics

Cara Mudah dan Murah Merawat Kulit Tanpa ke Klinik Kecantikan

Risna Halidi | Lilis Varwati
Cara Mudah dan Murah Merawat Kulit Tanpa ke Klinik Kecantikan
Ilustrasi merawat kulit. (Shutterstock)

Dokter kulit ini membagikan cara sederhana untuk lakukan perawatan sendiri di rumah.

Suara.com - Merawat kulit tak harus selalu pergi ke klinik kecantikan atau menggunakan produk skincare atau produk perawatan wajah yang harganya sampai jutaan. Pada dasarnya, kulit sehat bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat.

Tetapi bagaimana caranya? Dokter kulit sekaligus pendiri klinik AAYNA Dr Simal Soin membagikan cara sederhana untuk lakukan perawatan sendiri di rumah, sebagaimana dilansir Suara.com dari Times of India berikut ini.

1. Perhatikan pola makan

Ilustrasi makanan sehat (Shutterstock)
Ilustrasi makanan sehat (Shutterstock)

Kurangi konsumsi makanan cepat saji. Gunakan bahan-bahan di dapur yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan lada hitam. Dengan makan makanan yang bergizi seimbang, kulit juga akan mencerminkan kondisi sehat.

Baca Juga: Tips Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Berkilau

2. Minum banyak air

Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlihat segar, minumlah setidaknya 8 sampai 10 gelas air yang akan membantu membuang racun.

3. Lindungi kulit dari cahaya layar

Ilustrasi bermain ponsel (Shutterstock)
Ilustrasi bermain ponsel (Shutterstock)

Menatap layar ponsel, laptop, atau televisi tidak hanya memengaruhi kondisi mata tetapi juga kulit. Lindungi kulit dari sinar biru barang elektronik dengan mengoleskan tabir surya, meskipun hanya berada di dalam ruangan. Cara itu bisa melindungi kulit dari pori-pori terbuka, penuaan dini, dan penumpukan minyak.

4. Cukup tidur

Baca Juga: Lagi, Viral Tren TikTok Berbahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Dibakar

Ilustrasi tidur dengan kelambu. [Shutterstock]
Ilustrasi tidur. [Shutterstock]

Jangan sepelekan siklus tidur. Tidur lebih awal dan bangun lebih cepat. Juga usahakan tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Ini akan membantu mencegah timbulnya lingkaran hitam pada kelopak mata bawah, mata bengkak, dan penuaan dini pada kulit.

5. Rutin scrub

Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)

Lakukan eksfoliasi wajah dengan scrub buatan atau yang dibeli di toko setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan kulit mati dan bakteri. Jangan lupa untuk mencuci muka sebelum tidur di malam hari. Penting untuk membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari untuk membersihkan kotoran dari kulit dan membantu peremajaan terutama di malam hari.

6. Jaga kelembapan kulit

Cara Mudah dan Murah Merawat Kulit Tanpa ke Klinik Kecantikan - 6

Meskipun penting untuk mencuci tangan secara teratur tetapi itu bisa mengeringkan kulit. Masalah yang muncul selanjutnya biasanya kulit menjadi pecah-pecah. Karena itu, lembapkan kulit wajah dan tangan setiap kali mencucinya untuk mempertahankan kekenyalan kulit.

7. Konsumsi vitamin C dan Antioksidan

Ilustrasi vitamin C (shutterstock)
Ilustrasi vitamin C (shutterstock)

Serum adalah salah satu produk perawatan kulit terpenting yang dapat digunakan. Vitamin C topikal mencegah kerusakan akibat radikal bebas sekaligus mencerahkan kulit. Sedangkan antioksidan dengan kebaikan vitamin dan mineral sangat membantu dalam melindungi dan merevitalisasi kulit.

Komentar