Selain Mencerahkan, Ini Manfaat Lain Vitamin C Bagi Kulit

Vania Rossa | Lilis Varwati
Selain Mencerahkan, Ini Manfaat Lain Vitamin C Bagi Kulit
Ilustrasi manfaat vitamin C bagi kulit. (shutterstock)

Fungsi vitamin C tak hanya untuk kecantikan kulit, tapi juga kesehatan kulit.

Suara.com - Tak sulit bagi kita untuk menemukan produk skincare yang mengandung vitamin C. Hal ini lantaran vitamin C memang termasuk salah satu bahan yang populer digunakan dalam produk skincare. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, vitamin C juga diketahui bisa membuat kulit lebih cerah.

Dokter spesialis kulit dr. I Gusti Ayu Agung Elis Indira, Sp.KK mengatakan bahwa tubuh hanya membutuhkan asupan vitamin C harian sekitar 60-90 miligram. Meski begitu, manfaatnya bagi tubuh ternyata sangatlah banyak, dan tak terbatas pada mencerahkan kulit.

Elis menjelaskan bahwa vitamin C tidak bisa terbentuk secara alami dari dalam tubuh. Kandungannya hanya bisa didapat dari makanan atau suplemen tambahan.

"Sehingga butuh asupan dari luar, terutama makanan harian. Dari buah-buahan, seperti sitrus, kiwi, apel, buah berwarna oranye, juga sayuran hijau. Cabai merah juga mengandung vitamin C," kata Elis dikuti dari siaran IGTV pada akun Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Studi: Konsumsi Makanan Rendah Glikemik Bisa Meringankan Jerawat

Elis menjabarkan manfaat vitamin C yang sangat diperlukan tubuh, terutama untuk kesehatan kulit, di antaranya:

1. Membuat kulit lebih kencang
Elis menjelaskan, kulit kencang merupakan hasil kerja dari kolagen yang berada pada lapisan tengah kulit atau dermis. Vitamin C akan membantu merangsang produksi kolagen yang bertugas menjaga kekencangan kulit dan terlihat lebih kenyal. Selain itu, kolagen juga berfungsi membuat struktur tubuh karena letaknya yang terdapat di otot dan persendian.

2. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini disebabkan karena radikal bebas yang berlebihan. Radikal bebas bersumber dari paparan sinar matahari yang berlebihan, asap rokok, polusi, juga stres. Antioksidan yang terdapat pada vitamin C itu yang akan melawan radikal bebas. Sehingga penuaan yang memang terjadi secara alami, tetap muncul sesuai waktunya.

3. Antiradang
Radang pada jerawat bisa menjadi lebih parah bahkan sampai menyebabkan luka. Menurut Elis, jerawat sebenarnya muncul karena faktor hormon dalam tubuh. Tetapi karena pengaruh kuman, sehingga membuat jerawat jadi meradang seperti bengkak dan memerah.

Namun, Elis menyarankan agar penggunaan vitamin C tidak menjadi pengobatan pertama dalam mengatasi jerawat. Vitamin C justru hanya sebagai tambahan antiradang. Ia menjelaskan, penggunaan vitamin untuk jerawat tidak akan sama pada setiap orang. Oleh sebab itu, sebaiknya dikonsultasikan pada dokter kulit.

Baca Juga: Bukan Cuma Skincare, Konsumsi Makanan Sehat Juga Berpengaruh pada Kulit

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS