Gampang Banget, Ini Resep Japanese Milk Bread yang Lembut

Vania Rossa
Gampang Banget, Ini Resep Japanese Milk Bread yang Lembut
Japanese Milk Bread. (Screenshot YouTube Dapur Ko-ci)

Coba buat sendiri di rumah yuk. Dijamin antigagal!

Suara.com - Setelah Korean Garlic Bread menjadi viral dan terkenal, giliran roti dari Jepang yang kini tengah digandrungi. Ya, di internet Japanese Milk Bread alias roti sobek ala Jepang lagi jadi pembicaraan hangat. Dan kabar baiknya, membuat roti ini tak sulit, lho.

Ya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus memesannya secara online jika ingin mencicipinya! Untuk membuatnya, kamu bisa mengintip resep Japanese Milk Bread anti gagal yang dibagikan oleh chanel YouTube Dapur Ko-ci, Kelas Masakan Jepang Rumahan. Dan karena yang memberikan resepnya adalah orang Jepang asli yang tinggal di Jakarta, resep ini dijamin antigagal! Simak yuk!

Bahan (untuk 9 potong roti):

  • 200 g tepung terigu untuk roti
  • 4 g ragi kering
  • 15 g gula halus
  • 3 g garam
  • 150 ml susu sapi
  • 15 g mentega (unsalted)
  • Isian roti bisa apa saja (strawberry /coklat / dll)

Cara membuat:

Baca Juga: Warnanya Pink, Ini Cara Mudah Membuat Martabak Fanta

  1. Masukkan tepung terigu, gula, garam, ragi, susu (masukkan 90% dulu, nanti tambahkan sedikit demi sedikit). Aduk rata sambil tambahkan sisa susu sampai habis.
  2. Uleni adonan roti dengan tangan selama 10 menit sampai kalis.
  3. Tambahkan mentega yang telah didiamkan di suhu ruang. Uleni kembali selama 10 menit.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat, dan letakkan di dalam wadah. Tutup wadah pakai plastik wrap, istirahatkan selama 40-50 menit di ruangan bersuhu hangat sekitar 30 derajat.
  5. Setelah adonan menjadi lebih besar, tekan 1 kali adonan untuk mengeluarkan gas di dalamnya. Kemudian potong adonan menjadi 9 bagian. Samakan ukurannya. Bentuk menjadi bulat.
  6. Atur adonan yang telah dipotong di atas wadah rata, kemudian tutup dengan kain basah yang sudah diperas sampai hampir kering. Istirahatkan lagi 10 menit.
  7. Siapkan loyang, olesi dengan minyak supaya tak lengket. Kalau mau diisi, bisa diisi sekarang. Kemudian bentuk kembali adonan menjadi bulat.
  8. Susun adonan yang telah diisi dan dibentuk di atas loyang yang telah dioles minyak. Taburkan gula halus di atas adonan roti. Kemudian istirahatkan kembali selama 20 menit, diwrap, dan diletakkan di tempat yang hangat bersuhu 30 derajat.
  9. Panggang suhu 180 derajat selama 15 menit.
  10. Roti siap disantap.

Untuk video lengkap proses pembuatan Japanese Milk Bread, bisa disimak di sini.

Komentar