alexametrics

Wisata Religi, Ini 4 Masjid Indah dan Unik di Bengkulu

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Wisata Religi, Ini 4 Masjid Indah dan Unik di Bengkulu
Masjid Raya Akbar At Taqwa di Bengkulu. (Instagram/@hasnahluthfa)

Desain masjid di Bengkulu memiliki karakteristik, warna, dan corak yang mirip dengan kebudayaan Melayu.

Suara.com - Wisata religi menjadi salah satu kegiatan yang gemar dilakukan masyarakat kala Ramadhan tiba. Selain berziarah, mengunjungi masjid-masjid berarsitektur indah dan unik juga bisa menjadi pilihan.

Termasuk deretan masjid di Kota Bengkulu, yang memiliki kekhasannya sendiri. Seperti yang diketahui, Bumi Raflesia ini didominasi oleh masyarakat beradat Melayu. Sehingga Islam di Bengkulu memiliki karakteristik, warna, dan corak yang mirip dengan kebudayaan Melayu pada umumnya. Begitu pula dengan desain masjid yang tersebar di kota yang berada di Pulau Sumatera tersebut.

Nah, jika kamu tertarik melakukan wisata religi di kota ini, berikut deretan masjid di Bengkulu yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

1. Masjid Baitul Izzah

Baca Juga: Masjid Kasunyatan, Terkenal Karena Pekulahan Bekas Wudhu Para Wali

Masjid raya baitul izzah di Bengkulu. (Instagram)
Masjid raya baitul izzah di Bengkulu. (Instagram)

Masjid Raya Baitul Izzah yang terletak dipersimpangan jalan Asahan Raya dan jalan Pembangunan, Kecamatan Padang Harapan, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu ini, terlihat megah.

Awalnya, masjid ini bernama Masjid Raya Bengkulu yang dibangun tahun 1976 pada masa pemerintahan Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. A. Chalik, di atas lahan seluas 1225 m persegi. Pembangunan Masjid baru selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh wakil presiden H. Adam Malik.

Pada tahun 1995 dilakukan pemugaran oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. Aziz Ahmad dengan memeperluas areal masjid menjadi 1600 m2, sekaligus mengubah nama dari Masjid Raya Bengkulu menjadi Masjid Baitul Izzah. Arsitektur masjid mempunyai tiang bulat dan persegi empat serta pagar setinggi 1 meter dari kaca dengan corak perpaduan timur tengah dan Indonesia.

2. Masjid Raya At-Taqwa

Masjid Raya Akbar At Taqwa di Bengkulu. (Instagram/@hasnahluthfa)
Masjid Raya Akbar At Taqwa di Bengkulu. (Instagram/@hasnahluthfa)

Jika dilihat sekilas, bentuk bangunan Masjid Raya Akbar At-Taqwa Bengkulu lebih menyerupai istana pada masa kolonial ketimbang masjid pada umumnya. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu ini didirikan dekat rumah Presiden RI pertama, Soekarno, saat diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Baca Juga: Terbuat dari Kayu, Masjid Tertua di Langkat Ini Masih Berdiri Kokoh

Keunikan yang menjadi ciri khas masjid ini adalah kubah bulat namun bertingkat tiga layaknya kubah limas. Sekilas mirip piring terbang dalam film- film luar angkasa.

Komentar