alexametrics

Alat Vacum Komedo, Efektif atau Bahaya? Ini kata Dokter!

Vania Rossa | Dian Kusumo Hapsari
Alat Vacum Komedo, Efektif atau Bahaya? Ini kata Dokter!
Ilustrasi komedo di wajah. (Shutterstock)

Pernah menggunakan alat vacum komedo untuk menyingkirkan komedo yang membandel?

Suara.com - Alat vacum komedo atau alat penyedot komedo kini tengah tenar di tengah masyarakat. Bahkan, banyak influencer atau beauty vlogger yang mereview alat tersebut mampu menyedot komedo yang ada di wajahnya.

Namun, apakah benar alat tersebut mampu menghilangkan komedo yang ada di wajah Anda? Adakah efek samping yang bisa ditimbulkan saat menggunakan alat tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa komedo yang menumpuk disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati yang berlebihan. Penyumbatan teroksidasi oleh udara, sehingga mengubahnya menjadi gelap atau disebut dengan komedo hitam (blackhead).

Komedo biasnya sering terjadi dibagian T zone wajah yakni dahi, hidung dan bagian pipi. Keberadaan blackhead ini tentu saja menganggu penampilan, khususnya untuk para wanita. Membuat kepercayaan dirinya menjadi menurun.

Baca Juga: Penampakan Paket Isi Alat Penyedot Komedo Ini Bikin Kurir Salah Fokus

Banyak orang berusaha menghilangkannya, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami sampai menggunakan alat penyedot komedo atau vacuum komedo. Alat berukuran tidak lebih besar dari sekepalan tangan itu dipercaya dapat menghilangkan komedo yang membandel di wajah.

Namun, apakah manfaat alat vakum komedo sungguhan efektif?

Mengutip akun TikTok @dr.chintia, Dr. Chintia yang menyatakan bahwa menghilangkan komedo dengan menggunakan alat vacum komedo tidak efektif sama sekali. Jika masih terus digunakan, justru bisa membuat kulit wajah Anda menjadi rusak dan mmebuat kulit menjadi tipis.

“Nyedotin komedo pakai ini (vacum komedo) nggak akan bisa. Kalau misalnya pakai ini untuk nyedot komedo, nggak akan bisa, malahan skin barrier kulit malah jadi rusak. Kulit menjadi merah-merah, pembuluh darah jadi kelihatan banyak. Terus kulit menjadi tipis,” katanya.

Menurutnya, cara yang paling ampuh untuk menghilangkan komedo adalah datang ke tempat perawatan kecantikan untuk melakukan facial peeling dan menggunakan skincare yang mengandung AHA BHA.

Baca Juga: Kayak Mainan Nakal, Bentuk Paket Alat Penyedot Komedo Ini Terlalu Ambigu

Komentar