alexametrics

Berapa Kali Seprai Harus Dicuci saat Cuaca Panas?

Dany Garjito
Berapa Kali Seprai Harus Dicuci saat Cuaca Panas?
Berapa Kali Seprai Harus Dicuci Saat Cuaca Panas? (Envato)

Seberapa sering seprai harus dicuci?

Suara.com - Mencuci seprai dan sarung bantal secara rutin memang sangat penting untuk dilakukan. Apa lagi saat cuaca panas yang membuat kita lebih mudah dan banyak berkeringat, termasuk saat tidur. Saat cuaca panas, keringat dapat menyebabkan kelebihan bakteri dan bau pada tempat tidur. Oleh karena itu, seprai dan sarung bantal harus lebih sering diganti dan dicuci saat cuaca panas.

Seberapa Sering Seprai Harus Dicuci?

Melansir Mind Body Green, Tonya Harris selaku pakar racun lingkungan dan pendiri Slightly Greener menyampaikan bahwa protokol standar untuk mencuci seprai dan sarung bantal adalah kira-kira satu minggu sekali. Namun, ada beberapa alasan khusus mengapa seprai dan sarung bantal harus lebih sering dicuci saat cuaca panas

Saat cuaca panas, tubuh jelas berkeringat lebih banyak, yang dapat menyebabkan bakteri dan bau. Selain itu, imbuh alergen seperti serbuk sari juga dapat masuk ke dalam tubuh. Jadi, mencuci seprai dan sarung bantal lebih sering akan membantu mengurangi alergen (dan tungau debu) yang dapat menyebabkan gejala (penyakit).

Baca Juga: Begini Cara yang Benar Mencuci Celana Dalam, Sudah Lakukan?

Selama cuaca panas, sebaiknya Anda melipatgandakan frekuensi mencuci seprai dan sarung bantal, yaitu setiap tiga atau empat hari. Dengan begitu, maka akan mencegah bakteri, bau, dan alergen. Apabila Anda menggunakan selimut tipis, maka Anda juga perlu mencuci selimut tersebut sama seperti seprai dan sarung bantal.

Berapa Kali Seprai Harus Dicuci saat Cuaca Panas? (Shutterstock)

Tips Mencuci Seprai Saat Cuaca Panas

Periksalah label pada seprai untuk instruksi perawatan yang tepat. Misalnya seprai berbahan katun, dapat dicuci dengan air panas. Sedangkan bahan lainnya lebih baik dicuci dengan air dingin. 
Gunakan deterjen yang lembut untuk mencuci seprai, sarung bantal, serta selimut. 

Sementara untuk beberapa tindakan pembersihan mendalam pada tempat tidur, Anda bisa menyedot debu pada kasur antara dua hingga tiga kali per tahun untuk membatasi bakteri dan alergen. Anda juga bisa menaburkan kasur dengan lapisan tipis soda kue atau baking soda, lalu membiarkannya selama beberapa jam sebelum menyedot debu, untuk menghilangkan baunya. 

Demikian jawaban terkait berapa kali seprai harus dicuci saat cuaca panas?

Baca Juga: Agar TIdak Boros, Begini Tips Pakai Detergen Untuk Cuci Pakaian

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar