alexametrics

7 Makanan untuk Diet Rendah Kalori, Sehat dan Bantu Turunkan Berat Badan

Arendya Nariswari
7 Makanan untuk Diet Rendah Kalori, Sehat dan Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)

Tak sulit dicari, simak 7 makanan untuk diet yang rendah kalori berikut ini.

Suara.com - Para peneliti mengungkapkan beberapa makanan yang mungkin berdampak dalam menekan nafsu makan. Hal ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan jikan dimasukkan dalam makanan untuk diet dan gaya hidup sehat. Baca terus untuk mengetahui lebih dalam tentang tujuh makanan untuk diet rendah kalori yang bermanfaat menurunkan berat badan seperti dilansir dari Medical News Today dan WebMD, Minggu (19/9/2021).

Daftar Makanan untuk Diet

Kunci dalam memasukkan menu makanan untuk diet sehari-hari adalah membatasi makanan yang digoreng, tambahan gula, daging tinggi lemak, dan makanan olahan. Meski beberapa jenis makanan rendah kalori di bawah ini dapat membantu, aktivitas fisik sangat penting untuk menurunkan berat badan menjaganya tetap ideal.

1. Telur

Baca Juga: Malas Diet dan Olahraga, Ini 6 Bahan Bumbu Dapur yang Bisa Turunkan Berat Badan

Telur adalah makanan untuk diet yang populer, terutama untuk menu sarapan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Telur kaya akan protein yang bisa membantu mengurangi rasa ingin ngemil sepanjang hari.

Efek sarapan berprotein tinggi ini bertahan hingga malam hari dan sepanjang hari cenderung lebih sedikit makan makanan berlemak dan manis. 

Dalam penelitian terhadap sekelompok wanita muda yang obesitas, sarpan telur 35 gram protein – atau lebih banyak, langsung membuat merasa lebih kenyang dibanding dengan sarapan sereal.

2. Oatmeal

Mulailah hari dengan semangkuk oatmeal yang juga bisa menurunkan jumlah timbangan. Menurut studi, setelah makan oatmeal, perut merasa lebih kenyang dan tidak terlalu lapar dibandingkan setelah makan sereal. 

Baca Juga: Benarkah Berjalan 10.000 Langkah Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Faktanya

Ditambah asupan kalori mereka saat makan siang lebih rendah setelah makan oatmeal di pagi hari. Oatmeal menyediakan lebih banyak protein, serat, dan sedikit gula daripada sereal. 

3. Kacang-kacangan

Murah, mengenyangkan, dan sebaguna. Kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus. Kacang juga tinggi serat yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan.

Protein akan menyebabkan pelepasan hormone yang menandakan rasa kenyang lebih lama dan mencegah untuk makan lebih banyak. 
Kandungan protein dan serat pada kacang-kacangan, buncis, lentil, dan kacang polong ini akan mempengaruhi penurunan berat badan karena efek rasa kenyangnya. 

4. Apel

Buah apel mengandung lebih banyak serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Plus, saat mengunyah apel, akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu telah makan sesuatu yang substansial. Sehingga nafsu makanmu dapat ditekan dengan mengunyah buah apel.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang menyediakan serat dan lemak bermanfaat, serta banyak nutrisi lainnya. Buah ini juga dapat membantu mengelola berat badan.

Sebuah studi orang dewasa Amerika menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat memiliki berat badan yang jauh lebih sedikit dan memiliki BMI lebih rendah daripada mereka yang tidak. Orang yang makan alpukat cenderung makan lebih banyak buah, sayuran, dan serat daripada orang yang tidak.

Atau disimpulkan orang-orang yang makan alpukat memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan dan mengonsumsi gula tambahan secara signifikan lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Demikian pula, risiko sindrom metabolik lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

6. Buah Beri

Serat telah dikaitkan baik untuk menurunkan berat badan, dan buah beri cenderung menjadi salah satu di antara beberapa buah dengan serat tertinggi.

Satu cangkir raspberry atau blackberry menyediakan 8 g serat. Buah beri dapat ditambahkan ke banyak makanan, seperti oatmeal, yogurt, atau salad.

7. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous, termasuk brokoli, kembang kol, kubis, dan kubis Brussel juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu cangkir kubis Brussel yang dimasak menyediakan 6 gramserat, yang merupakan 24 persen dari nilai serat harian.

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Saat memilih makanan rendah kalori untuk menurunkan berat badan, penting juga untuk tetap memperhatikan ukuran porsinya. Minuman manis yang ditambah gula dapat memberi kalori dalam jumlah signifikan, namun tidak menghasilkan rasa kenyang seperti makanan padat. Pilih minuman bebas kalori seperti air putih atau teh tanpa pemanis.

Jangan lupa untuk berolahraga, tidur cukup, dan mengelola stress yang berpengaruh pada kesehatan dan proses diet yang dijalani.

Itulah ulasan mengenai daftar makanan diet untuk menurunkan berat badan dan tips diet yang sehat. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar