facebook

Jangan Asal, Yuk Beli Perhiasan dengan Menerapkan Rumus 6C!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Jangan Asal, Yuk Beli Perhiasan dengan Menerapkan Rumus 6C!
Ilustrasi perhiasan. (Unsplash/Angelo Pantazis)

Rumus 6C tersebut diklaim bisa dengan mudah diterapkan saat membeli perhiasan.

Suara.com - Bagi sejumlah orang, membeli perhiasan bukan sekadar untuk mempercantik penampilan tapi mungkin juga investasi. Oleh sebab itu, membeli perhiasan sebaiknya tidak asal pilih.

Head of Education Institute Gemology Paramita Leticia Paramita.G.G GIA mengatakan, rumus 6C bisa diterapkan dalam memilih perhiasan agar mendapatkan produk terbaik dengan harga sesuai.

"Dalam memilih perhiasan atau berlian berkualitas perlu diperhatikan sisi 6C. Color, pastikan warna berlian jernih, skala warna berlian sesuai standar Gemological Institute of America (GIA) dilihat dari kode D hingga Z. D masuk dalam tingkat warna tertinggi, sedangkan Z memiliki tingkat warna berlian terendah," jelas Leticia dalam konferensi pers virtual peluncuran cabang baru Lion & Sons, Selasa (28/9/2021).

Kemudian carat menjadi tips kedua. Leticia mengatakan, semakin besar ukuran berlian tentu semakin tinggi karatnya juga harganya bisa lebih mahal. Selain itu, clarity atau tingkat kejernihan berlian. Ia juga menyarankan agar pembeli mengecek jika ada kecacatan berupa titik, goresan, atau bentuk seperti gelembung air. 

Baca Juga: Investasi Sektor Properti di Masa Pandemi Tetap Menjanjikan

Rumus C keempat mengenai potongan berlian atau cutting. Menurutnya, potongan sangat penting dalam menentukan bagaimana batu berlian memantulkan cahaya sehingga menghasilkan kecemerlangan tertentu. 

"Kalau cutting kurang bagus, sinarnya nanti enggak maksimal. Dengan yang bagus itu dia akan memberikan sinar yang spektakuler," ucapnya.

Selanjutnya, kualitas yang bisa menunjukan kejernihan berlian. Leticia mengatakan, jika berlian di dalamnya terlalu banyak inclusion bisa mempengaruhi kembalinya kejernihan perhiasan atau justru jadi kurang jernih karena banyak molekul lain di dalamnya.

Untuk perhiasan yang berukuran besar dan karat tinggi, ia menyarankan agar dipakai certificate. Hal itu bisa menjadi jaminan bahwa berlian yang dibeli berasal dari sumber terpercaya. 

Terakhir adalah Confidence, diperlukan kepercayaan antara pembeli dan penjual, sehingga penting untuk memilih perhiasan terpercaya dan sudah memiliki sertifikasi, kata Leticia.

Baca Juga: Jumlah Investor Kripto Australia Meningkat Drastis, Total Investasi Capai 8 miliar Dolar

Rumus 6C tersebut diklaim bisa dengan mudah diterapkan saat membeli perhiasan di Lion & Sons. 

Komentar