alexametrics

Jalan Kaki Seharian demi Tepati Janji, Cerita soal Warga Baduy Dalam Ini Bikin Salut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Jalan Kaki Seharian demi Tepati Janji, Cerita soal Warga Baduy Dalam Ini Bikin Salut
Warga Baduy [Suara.com/Oki Faturrohman]

Warga Baduy Dalam itu berjalan kaki tanpa alas kaki dari Lebak sampai Tangerang tanpa alas kaki.

Suara.com - Suku Baduy yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten, kerap mengundang rasa penasaran publik. Pasalnya, hingga kini Suku Baduy masih memegang teguh adat istiadat dan menolak pengaruh dari luar sukunya.

Seorang pria berbagi pengalaman saat dirinya berkunjung ke kampung Baduy Dalam yang ada di kaki pegunungan Kendeng di Desan Kanekes. Ia datang ke sana dalam rangka karya wisata sekolah.

Cerita pengalamannya saat SMA ini dibagikan melalui akun TikTok @rifa.mulyawan. Saat itu, pria bernama Rifa ini mengagumi setiap hal yang ia lihat di kampung Baduy Dalam.

Warga Suku Baduy benar-benar menjaga adat dan alamnya. Mereka mandi dan mencuci tanpa sabun dan menggantinya dengan bahan alami. Hal ini dilakukan agar alam tak rusak.

Baca Juga: Kabar Warga Baduy Tetap Sehat Meski Tak Pernah Divaksin Ratusan Tahun, Faktanya?

Rumah-rumah yang ada di Baduy Dalam juga dibangun tanpa paku. Para warganya juga harus mematuhi aturan adat seperti tidak menggunakan alat elektronik, tidak boleh naik kendaraan, tidak pakai alas kaki, tidak minum soda, dan lainnya.

Warga Baduy Dalam tepati janji (TikTok @rifa.mulyawan)
Warga Baduy Dalam tepati janji (TikTok @rifa.mulyawan)

Seorang pria yang tinggal di Baduy Dalam juga memaparkan bahwa mereka membat baju sendiri. Hal ini karena mereka tak diperbolehkan memakai baju modern.

Setelah beberapa hari tinggal di Suku Baduy Dalam, Rifa pun pamit bersama teman-temannya. Ia berterima kasih karena sudah dibiarkan tinggal di sana dalam 3 hari.

"Oh iya, kapan-kapan mampir main-main ke Tangerang," ujar Rifa kepada salah satu warga Baduy Dalam.

Warga Baduy Dalam itu kemudian bertanya alamatnya dan Rifa pun membeberkan petunjuk lokasi SMA-nya. Beberapa minggu kemudian, tanpa disangka, warga Baduy itu benar-benar datang ke SMA Rifa.

Baca Juga: Jamang Hideung Pakaian Adat Suku Baduy yang Dipakai Jokowi, Begini Kata Analis Budaya

Rifa terkejut karena warga Baduy Dalam itu datang ke sekolahnya dengan berjalan kaki mengikuti rel kereta tanpa alas kaki. Mereka berjalan tanpa alas kaki selama 1 hari untuk sampai ke sekolah Rifa demi menepati janji.

Hal ini sangat mengesankan bagi Rifa dan benar-benar membekas hingga saat ini. Video yang Rifa unggah ini kemudian menarik banyak komentar dari warganet.

"Kita bisa belajar dari Baduy Dalam bahwa kita harus menepati janji dan jangan sampai melanggarnya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Pola hidup mereka sehat banget," ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Kamis (30/9/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 5 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Komentar