alexametrics

Kenali Gejala Diabetes yang Mungkin Jarang Disadari Oleh Banyak Orang

Arendya Nariswari
Kenali Gejala Diabetes yang Mungkin Jarang Disadari Oleh Banyak Orang

Dari kesemutan hingga rasa lelah, berikut informasi mengenai gejala diabetes yang jarang disadari oleh penderitanya.

Suara.com - Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Dilansir dari laman CVC, Rabu (13/10/2021), kenali berbagai gejala diabetes jarang disadari.

Bagaimana Proses Diabetes?

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi dipecah menjadi gula (glukosa) dan dilepaskan ke aliran darah. Ketika gula darah naik, itu menandakan pankreas untuk melepaskan insulin. Insulin bertindak seperti kunci untuk membiarkan gula darah masuk ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Dalam tubuh pasien diabetes, tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang dibuatnya sebagaimana mestinya. Ketika tidak ada cukup insulin atau sel-sel berhenti merespons insulin, maka gula darah berlebihan berada di aliran darah Anda.

Baca Juga: Studi Amerika: Paparan Ftalat Terkait dengan 100.000 Kematian Tiap Tahunnya

Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Belum ada obat untuk diabetes, tetapi menurunkan berat badan, makan makanan sehat, dan aktif dapat sangat membantu. Minum obat sesuai kebutuhan, mendapatkan pendidikan dan dukungan manajemen diri diabetes, dan menepati janji perawatan kesehatan juga dapat mengurangi dampak diabetes.

Gejala Diabetes

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala diabetes berikut, temui dokter masing-masing untuk melakukan tes gula darah:

  1. Buang air kecil (kencing) banyak, sering di malam hari
  2. Sangat haus
  3. Berat badan turun tanpa berusaha
  4. Sangat lapar
  5. Penglihatan kabur
  6. Tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan
  7. Merasa sangat lelah
  8. Memiliki kulit yang sangat kering
  9. Memiliki luka yang lambat sembuhnya
  10. Memiliki lebih banyak infeksi dari biasanya

Gejala Diabetes Tipe 1

Baca Juga: WNA Ingin Masuk ke Indonesia Wajib Punya Asuransi Kesehatan dan Sertifikat Vaksin

Pasien diabetes tipe 1 mungkin juga mengalami gejala seperti mual, muntah, atau sakit perut. Gejala diabetes tipe 1 dapat berkembang hanya dalam beberapa minggu atau bulan dan bisa menjadi parah. Diabetes tipe 1 biasanya dimulai ketika masih anak-anak, remaja, atau dewasa muda tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun.

Gejala Diabetes Tipe 2

Gejala diabetes tipe 2 sering membutuhkan waktu beberapa tahun untuk berkembang. Beberapa orang tidak melihat atau merasakan gejala sama sekali. Diabetes tipe 2 biasanya dimulai saat dewasa, meskipun semakin banyak anak dan remaja yang mengembangkannya. Karena gejalanya sulit dikenali, penting untuk mengetahui faktor risiko diabetes tipe 2. Pastikan untuk mengunjungi dokter Anda jika Anda memilikinya.

Gejala Gestational Diabetes

Diabetes gestational (diabetes selama kehamilan) biasanya tidak memiliki gejala apapun. Jika Anda hamil, dokter/obgyn harus menguji Anda untuk diabetes gestasional pada usia kehamilan antara 24 dan 28 minggu kehamilan. Jika diperlukan, Anda dapat membuat perubahan untuk melindungi kesehatan diri dan kesehatan bayi Anda.

Nah demikian ulasan mengenai bagaimana proses diabetes berlangsung dan gejala diabetes berdasarkan tipenya yang mungkin jarang disadari. 

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar