alexametrics

4 Manfaat Olahraga di Malam Hari, Bikin Hati Lebih Bahagia hingga Cegah Insomnia

Arendya Nariswari
4 Manfaat Olahraga di Malam Hari, Bikin Hati Lebih Bahagia hingga Cegah Insomnia
Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)

Jarang diketahui, ternyata ini manfaat olahraga di malam hari.

Suara.com - Melansir dari laman Huffington Post, Kamis (7/10), Olahraga di malam hari juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Hanya saja, kita harus menyesuaikan aktivitas olahraga di malam hari dengan goals yang dituju. Misalnya, goals olahraga untuk tidur nyenyak, atau fokus mengerjakan pekerjaan di malam hari.

Manfaat olahraga di malam hari memang tidak kalah dari olahraga di pagi hari. Menurut seorang ahli kesehatan, Dr. Michael Triangto SpKo, olahraga di malam hari juga efektif untuk pembentukan otot, dan tentunya membantu meringankan masalah tidur, seperti insomnia.

Nah, untuk lebih tahu manfaat olahraga di malam hari, yuk simak artikel berikut!

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kumis Kucing, Lengkap dengan Cara Aman Mengolahnya

1. Meningkatkan kualitas tidur

Berkegiatan seharian tentu membuat badan kita memerlukan istirahat yang cukup dan berkualitas. Sayangnya, berbagai kegiatan di siang hari itu tidak jarang justru membuat kualitas tidur menurun karena merasa gelisah.

Salah satu solusi untuk meredakan kegelisahan sebelum tidur adalah dengan menyempatkan berolahraga di malam hari untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman saat waktunya tidur.

2. Menekan tekanan darah

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan berolahraga di siang hari, kita akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding pagi harinya.

Baca Juga: 7 Jus Penurun Darah Tinggi, Mudah Dicari dan Bisa Bikin Sendiri

Penelitian itu membuktikan bahwa tekanan darah dapat ditekan hingga 15 persen dibanding aktivitas olahraga di pagi hari.

3. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat olahraga yang paling dicari adalah menurunkan berat badan, tidak terkecuali dengan olahraga di malam hari.

Dengan berolahraga, kita akan membakar lemak berlebih pada tubuh yang menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Olahraga di malam hari bisa jadi salah satu solusi membakar kalori makanan yang telah kita timbun seharian.

4. Meningkatkan kebahagiaan

Berdasar sebuah penelitian yang dilakukan Universitas London sebagaimana yang tertulis pada Australian.com, olahraga di malam hari juga bermanfaat untuk meningkatkan kebahagiaan.

Penelitian yang dilakukan pada sekeolmpok pelari jauh berjarak 10 kilometer ini membuktikan bahwa olahraga lari yang dilakukan di malam hari terasa lebih ringan dibandingkan lari dengan jarak yang sama di siang hari.

Dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibanding lari di siang hari, para pelari itu mengaku bahwa mereka menjadi lebih senang dan puas akan pencapaiannya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar