alexametrics

6 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Salah Satunya Ganti Camilan dengan Menu Ini

Arendya Nariswari
6 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Salah Satunya Ganti Camilan dengan Menu Ini
Ilustrasi timbangan. (Unsplash.com)

Tak sulit, simak 6 cara turunkan berat badan tanpa olahraga berikut.

Suara.com - Berat badan ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Tidak heran jika kini terdapat bermacam cara yang patut dicoba untuk menurunkan berat badan, khususnya tanpa olahraga.

Selain meningkatkan rasa percaya diri, dengan berat badan yang ideal tentunya kita juga akan merasa lebih nyaman saat beraktivitas.

Dilansir dari laman Times of India dan The Health Site, berikut 6 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

1. Perbanyak minum air putih

Baca Juga: 5 Penyebab Perut Buncit, Ternyata Ada Kebiasaan Kecil yang Sering Diabaikan

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang tinggi kita dapat mengurangi berat badan.

Meminum air putih sebanyak setengah liter dipercaya dapat meningkatkan peluang menurunkan berat badan hingga 30 persen. Selain itu, minum air putih juga disarankan sebelum makan untuk mengurangi asupan kalori.

2. Perbanyak makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat akan memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan makanan tanpa serat. Dengan begitu, maka keinginan untuk terus menambah porsi makanan juga akan berkurang.

Salah satu makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih untuk memulai hari adalah gandum. Selain tinggi serat, gandum juga kaya akan nutrisi.

Baca Juga: 5 Minuman Pendamping Sarapan, Cocok untuk Diet

3. Gunakan piring lebih kecil

Sebuah penelitian di International Journal of Obesity menjelaskan bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya dapat mendorong kita untuk mengurangi porsi makan juga.

Dengan begitu, maka secara tidak langsung penggunaan piring yang lebih kecil untuk makan juga dapat menekan konsumsi kalori berlebihan bagi tubuh.

4. Ganti camilan

Sebagian dari kita mungkin mengalami kenaikan berat badan bukan karena menu makan utama, namun kebiasaan ngemil yang memang sulit untuk ditinggalkan.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengganti camilan dengan makanan atau minuman yang rendah kalori. Contohnya, coba ganti minuman manismu dengan teh hijau atau ganti camilan dengan buah-buahan.

5. Tidur cukup

Cara menurunkan berat badan satu ini mungkin cukup sering diabaikan. Padahal, menurut sebuah penelitian di Sleep Research Society, seseorang yang kurang tidur akan memiliki risiko kenaikan berat badan yang lebih besar.

Jam tidur berantakan memang akan menggangu kerja hormon yang berujung pada pola makan tidak teratur.

6. Kunyah makanan dengan benar

Sebelum menelan makanan, setidaknya kamu perlu mengunyahnya sebanyak 25 kali. Dengan begitu, maka produski enzim dalam air liur akan maksimal dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain lebih bisa menikmati makanan, dengan mengunyah sebanyak 25 kali, otak juga dapat mendapat sinyal saat perut sudah kenyang.

Eits, tapi bukan berarti dengan cara di atas kamu tidak perlu melakukan olahraga sama sekali, ya!

Enam cara di atas patut kamu coba untuk mendapat hasil maksimal di samping olahraga teratur.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar